Yuk Komitmen Bergaya Hidup Sehat

10 Oct 2018
Foto: combiphar

Tahukah Anda? menerapkan gaya hidup sehat, sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Tak hanya itu, bergaya hidup sehat juga berdampak pada peningkatan kualitas hidup seseorang.

Memiliki gaya hidup sehat adalah sesuatu yang baik  dilakukan siapa saja. Melakukannya karena ikut-ikutan trend pun,tidak akan membuat Anda rugi.Anda  berada di jalan yang benar.

Dr. Santi Martini, dr.,M.Kes, dosen Fakultas Kesehatan Msyarakat Universitas Airlangga mengatakan. 5 hal ini perlu menjadi agenda harian Anda, apabila ingin bergaya hidup sehat:

1. Mengatur pola makan seimbang antara karbohidrat, lemak, protein, serat (sayur dan buah-buahan)

2. Olahraga rutin

3. Menjauhi asap rokok

4. Tidak minum alkohol

5. Rekreasi atau memanfaatkan waktu libur untuk mengembangkan hobi dan bakat.

Mengatur pola makan adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Sebab pola makan yang sembarangan dan  kurangnya aktivitas fisik, dapat mengantarkan Anda pada masalah kesehatan yang serius. World Health Organisation (WHO) menganalisa, bahwa dua hal tersebut adalah faktor utama dalam  resiko kesehatan global.

Namun perlu digaris bawahi, sebelum Anda memulai untuk melakukan gaya hidup sehat. Yang perlu Anda  tegaskan adalah komitmen dengan diri sendiri.

Pasalnya, kendati mudah dilakukan, gaya hidup sehat memerlukan komitmen  jangka panjang untu dapat memberikan efek kesehatan menyeluruh. Baik pada tubuh dan kehidupan Anda.

Meningkatnya kesehatan tubuh, akan berdampak juga pasa kesehatan mental dan emosional. Hal inilah yang dapat berpengaruh pada kualitas hidup Anda.Jika biasanya Anda mudah stress dan uring-uringan, bisa jadi lebih tenang dan penyabar.

 

Jika sebelumnya fisik Anda lemah. Sehingga mudah sekali sakit saat harus melakoni ritme kerja yang padat. Dengan bergaya hidup sehat, Anda bisa menjadi lebih fit dari sebelum-sebelumnya.

Dr Santi menjelaskan, sejak dilahirkan, setiap manusia pasti mengalami proses degeneratif. Tidak menjalani gaya hidup sehat, dapat menyebabkan proses degeneratif muncul menjadi penyakit lebih awal.

 

"Proses degeneratif pasti ada sejak kita lahir. Kalau kita tidak menereapkan gaya hidup sehat, proses degeneratif bisa muncul menjadi penyakit lebih awal dari seharusnya. Salah satu contohnya, ada orang yang sakit diabet, padahal umurnya masih atau bahkan belum 40 th," tutur Dr Santi.

 

Untuk itu, apapun alasan Anda memutuskan untuk menjalani gaya hidup sehat, Anda  berada di jalan yang benar. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, diperlukan komitmen kuat dalam diri sendiri. Kalau kondisi jasmani dan rohani kita sehat? Kita dapat terus beraktifitas dengan prima. Nikmat bukan. . . . 



Bagikan artikel ini