Tips Merawat Kulit agar Tidak Kering Selama Ramadhan

12 May 2019
Ilustrasi. (Foto: Google)

Saat berpuasa kondisi kulit bisa cenderung lebih kering. Hal ini disebabkan kulit tidak terhibdrasi secara baik. Kondisi ini memang di pengaruhi oleh banyak faktor salah satunya mengkonsumsi teh dan kopi saat berbuka dan sahur. 

"Teh dan kopi dapat menyebabkan buang air kecil secara terus-menurus, sehingga tubuh akan cepat kehilangan cairan. Dua minuman ini merupakan jenis minuman diuretik," ujar dokter umum, dr. Puspita Dyah Ardyani.

Selain menghindari dua jenis minuman tersebut saat berbuka dan sahur, Puspita juga memberikan tips menjaga kulit dari dalam tubuh. 

"Merawat kulit agar tidak kering dapat dilakukan dari dalam dari dari luar. Dari dalam misalnya seperti, memperbanyak asupan cairan yang masuk ke tubuh dari buka hingga sahur," ungkap Puspita.

Selanjutnya, Puspita menyarankan untuk olahraga dan menghindari stres. Puasa bukan alasan untuk malas dalam berolahraga, olahraga dapat dilakukan beberapa saat sebelum berbuka dengan durasi waktu yang tak perlu lama. 

"Menghindari stres dengan istirahat yang cukup,  karena hal ini dapat membantu kulit untuk tetap lembab dan sehat," kata Puspita. 

Tak cukup hanya dari luar, menurut Puspita, menjaga kulit juga harus dilakukan dari luar. Antara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tidak kering dari luar adalah memakai pelembab, menggunakan sunblock, dan rajin membersihkan wajah usai beraktivitas. 

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah rajin menggunakan pelembab agar kulit tetap lembab. Selain wajah, anggota tubuh lain seperti bibir, tangan, dan kaki pun tidak boleh luput dari perhatian," terangnya. 

Pemakaian pelembab disesuaikan dengan kondisi kulit  bisa dioleskan ketika kulit terasa kering. Kedua ialah menggunakan sunblock. Bila Anda termasuk orang yang aktif berada di luar ruangan usahakan selalu mengunakan sunblock untuk melindungi kulit dari sinar matahari. "Sunblock sebaiknya digunakan 30 menit sebelum beraktivitas keluar rumah," imbuhnya. 

Selanjutnya, kata Puspita, cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit agar tidak kering dari luar adalah rajin membersihkan wajah dan diri usai beraktivitas. "Hal ini akan membuat wajah dan tubuh dan wajah akan tetap bersih dan lembab," tutupnya. (pita)

 

 

 



Bagikan artikel ini