Tips Bergaul dengan Para Penyandang Disabilitas

04 Dec 2018
Ilustrasi.

Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember. Para disabilitas meskipun mereka tak sempurna secara fisik, namun mereka tak kalah trampil dengan orang normal untuk bertahan hidup. Seperti Slamet Poernomo, pria asal Surabaya yang membuka usaha bengkel motor roda 3 untuk sesama penyandang disabilitas. 

Sayangnya,  tak sedikit orang yang menutup mata pada kenyataan ini. Padahal seharusnya kita  saling mensupport dan tidak mengucilkan mereka. Psikiater dr. Utari Dyah kusumawardhani, SpKJ, memberikan tips bagi Anda yang ingin bergaul dengan para penyandang disabilitas. 

Berikut tips ketika bergaul dengan penyandang disabilitas:

1. Selalu tawarkan bantuan terlebih dahulu. Jangan serta merta memberi bantuan tanpa menawarkan terlebih dahulu, karena banyak penyandang disabilitas yg memiliki kemandirian lebih dari yang kita bayangkan. Ketika menawarkan bantuan, tunggu sampai tawaran kita diterima dan kita memahami bantuan seperti apa yg mereka harapkan.

2. Hargai mereka dengan berbicara langsung kepada mereka, bukan kepada pendamping mereka. Hal ini akan membuat mereka merasa diabaikan.

3. Perkenalkan diri kita dan orang lain yang sedang bersama kita pada mereka penyandang tuna netra. Berpamitanlah ketika akan meninggalkan mereka. Hal ini agar mereka bisa memahami situasi disekelilingnya.

4. Ketika berkomunikasi dengan mereka yang mengalami kesulitan berbicara, jadilah pendengar yg baik. Jangan pernah berpura-pura mengerti, jika Anda ragu maka bertanyalah. Jangan menyela. Bersabarlah. Jangan berusaha mengisi kata-kata yang sedang sulit diucapkan oleh mereka yang mengalami gagap (stuttering). "Hargailah orang lain jika kau ingin dihargai." Pepatah ini lagaknya pas untuk di terapkan pada kehidupan kita sehari-hari. (pts)



Bagikan artikel ini