Tertawa Terlalu Keras, Artis Charlize Theron Cedera Leher

Tertawa dipercayai bisa membantu tubuh untuk lebih sehat. Namun, apa pun itu jika dilakukan secara berlebihan tetap tidak baik bagi tubuh. Aktris Charlize Theron mengalami kejadian tak terduga. Ia terpaksa dilarikan ke rumah sakit, gara-gara tertawa terbahak-bahak saat menonton film komedi Borat.

Pemain film Hancock ini pun harus menjalani perawatan selama 5 hari di rumah sakit. Mengutip dari People, tulang leher si artis menderita herniated disc. Sebelum menonton film itu, Charlize menderita sakit di lehernya. Dan, film itu membuat sakitnya kian parah.

"Saya nonton Borat dengan cedera di leher saya. Beberapa dari kami nonton dan baru setengahnya, saya tertawa terpingkal-pingkal sampai leher rasa terasa terkunci. Dan, sepertinya ambulans harus membawa saya ke rumah sakit dan saya berada di rumah sakit selama 5 hari. Saya tidak selesai nonton film itu. Saya tidak pernah benar-benar selesai nonton film itu. Itu risiko," papar Charlize yang dikutip ABC News.

Herniated disc merupakan suatu keadaan mencuat atau keluarnya bantalan empuk diantara ruas tulang belakang, sehingga saraf-saraf yang ada di sekelilingnya mendapatkan tekanan.

Situs Web MD menyatakan belum jelas apa yang menyebabkan cedera leher karena tertawa terbahak-bahak. Beberapa faktor risiko yang sudah diketahui adalah usia (semakin tua semakin berisiko), riwayat keluarga, gerakan mendadak, atau mengangkat beban berat.

Gejala yang bisa muncul saat herniated disc terjadi adalah nyeri leher, karena bantalan tersebut menekan akar saraf di leher. Kemudian mati rasa atau kesemutan yang terjadi di leher atau lengan yang bisa menjalar ke jari, kemudian tangan atau lengan terasa lemas.

Jika herniated disc terjadi di tulang punggung, gejalanya bisa semakin serius. Seperti jalan sempoyongan, kesulitan jalan, kesemutan di kaki, rasa kejut yang muncul mendadak, kesulitan menggunakan tangan dan lengan untuk gerakan motorik halus, serta menurunnya koordinasi. Umumnya dibutuhkan operasi bedah untuk menanganinya.

Sebagai langkah pencegahan, penting untuk rajin berolahraga supaya otot tak mudah kaku serta tegang. Saat otot kuat karena rutin latihan fisik, ini otomatis menjadi cara untuk bisa mendukung tulang belakang, dan menstabilkan secara alami. (yas)



Bagikan artikel ini