Tahap Membersihkan Wajah Dengan Make Up, Ini Caranya

30 Dec 2018

Membersihkan makeup ternyata tidak boleh sembarangan lho? Ada beberapa cara yang harus diperhatikan agar kotoran serta makeup terangkat sempurna. Karena saat ada makeup yang tertinggal di kulit akan menyebabkan jerawat dan komedo. 

Aniati, koordinator beauty konsultan Purbasari, saat ditemui tim sapadokter memberikan cara membersihkan make up yang benar. Apa sajakah itu? 

Pertama gunakan susu pembersih (milk cleanser) untuk membersihkan wajah, untuk pengaplikasian letakan susu pembersih pada lima titik wajah yaitu dagu,  dahi, hidup, pipi kanan, dan kiri. 

"Kenapa harus lima titik agar maksimal dalam pembersihannya. Dan usahakan menggunakan susu pembersih karena kalau dibersihkan pakai air saja tidak akan cukup bersih dan meninggalkan kotoran di pori-pori kulit," tutur Aniati.

Kedua, lanjutnya, untuk membersihkan gosok secara memutar bagian dagu ke arah depan telingga, lalu kembali ke dagu dan diulang sebanyak tiga kali. 

"Menggosoknya menggunakan dua jari atau tiga jari  agar kulit wajah tidak mudah kendur," terang Aniati.

Ketiga, yang harus dilakukan adalah pembersihkan area hidung dengan cara sedikit ditekan. Menurut Aniti, hal ini dilakukan agar komedo di daerah hidung ikut terangkat. 

Keempat, membersihakan dahi dari kanan ke kiri mengikuti bulu halus, selanjutkan membersihkan area mata dengan gerakan memutar.

Kelima,  bersihkan bibir dengan dua jari,  alasan bagian bibir dibersihkan paling akhir menurut Aniati, karena  bibir memakai lipstick kalau di bersihkan pertama warna lipstick akan menyebar ke wajah. 

Setelah semua langkap pembersihan dilakukan bersihkan wajah dengan tissu bukan dengan kapas. 

"Kapas itu seratnya terlalu halus, ditakutkan serat kapas bisa masuk dalam pori-pori karena saat dibersihkan dengan susu pembersih pori-pori sedang terbuka," jelasnya.

Aniati juga menambahkan, setelah dibersihkan dengan susu pembersih step selanjutnya ialah membersihkan wajah dengan sabun wajah (facial foam), baru diberi penyegar atau toner untuk menutup pori. 

"Stepnya harus seperti ini kalau ingin kulit bersih dari make up, kalau menggunakan toner dulu baru sabun muka pori-pori tidak akan menutup kembali karena sabun muka sifatnya juga membuka pori-pori saat dibersihkan," tutupnya. (pts)



Bagikan artikel ini