Sawi Putih untuk Penderita Ginjal dan Program Diet

27 Jun 2019

Sawi putih bisa jadi obat murah untuk masalah kesehatan. Seperti kebanyakan jenis sayuran lainnya, sawi putih adalah bahan makanan rendah kalori yang padat akan nutrisi.

Bayangkan saja, 100 gram sawi putih hanya mengandung 9 kalori. Sayuran ini ternyata juga mengandung 1,7 gram karbohidrat 0,1 gram lemak, dan 1 gram protein. Protein biasa identik dengan sumber makanan hewani seperti daging dan ikan.

Sawi juga penyumbang berbagai jenis vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral tersebut diantaranya adalah vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi. dan natrium.

Berikut ini 4 manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh:

1. Ginjal

Sebagian besar sayuran hijau mengandung kalium tinggi. Padahal, bagi penderita ginjal disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi kalium. Karena dapat mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh.

Tapi, sawi putih adalah salah satu sayuran dengan kandungan kalium terendah. 100 gram sawi putih mengandung 95 miligram kalium atau sekitar 2 persen dari kebutuhan kalium harian. Konon katanya, jumlah ini lebih rendah dari kol, terong, mentimun, dan bayam.

2. Kesehatan mata

Bagi Anda yang mengalami masalah pada mata bisa mengonsumsi sawi putih. Kandungan alfa-karoten dalam sawi ternyata sama pentingnya dengan beta-karoten dan vitamin A.

3. Menurunkan berat badan

Beragam nutrisi, kaya serat, dan rendah kalori dalam lembaran sawi putih membuat cepat kenyang saat mengonsumsinya. Sawi bisa dijadikan salad atau jus.

4. Cegah osteoporosis

Kandungan vitamin K sangat baik menegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Di dalam tubuh, vitamin K ini punya andil besar untuk mengatur protein tulang dan menjaga kalsium. (yas)



Bagikan artikel ini