RS Mata Undaan Gelar Screening Mata untuk Mahasiswa Teknik Mesin ITS

12 Apr 2019
Pemeriksaa mata menggunakan ARK yang dilakukan RS Mata Undaan Surabaya. (Foto: Pita/sapadokter.com)

Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya menggelar screening mata untuk mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Pemeriksaan mata ini bertempat di gedung E Fakultas Teknik Mesin ITS, Jumat 12 April 2019. 

"Ini termasuk program RS Mata Undaan Go To School di mana RS Mata Undaan pengadakan penyuluhan kesehatan mata maupun screning ke sekolah-sekolah atau kampus," ungkap Humas RS Mata Undaan, Bungsu Arif.

Screening mata ini, lanjut Bungsu Arif, ditargetkan untuk 50 orang mahasiswa yang dibagi dalam dua sesi, yaitu sebelum salat Jumat dan sesudahnya. 

"Pemeriksaan awal yang kami lakukan ialah screening mata refraksi ada minus atau tidak. Nantinya kalau memang dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, kami akan rujuk ke RS Mata Undaan," sambung Humas RS Mata yang beralamat di Jalan Undaan Kulon 17-19 Surabaya ini.

Sabiq, bagian Reflaksi Optisi (RO) RS Mata Undaan Surabaya yang bertugas melakukan pemeriksaan mengatakan, dari beberapa pemeriksaan yang sudah berjalan keluhan mahasiswa memang seputar penglihatan kabur atau buram.

"Disini ada dua alat yang kami gunakan yaitu Auto Refrakto Kerotometer (ARK)  untuk mengetahui ukuran minus ataupun silinder, setelah pemeriksaan dengan ARK dilanjutkan pemeriksaan dengan trial lens untuk memastikan ukuran minus atau silinder bila memang ada dan keakuratan pemeriksaan," jelasnya. 

 

Kerjasama ini merupakan tahun kedua yang diadakan Fakultas Teknik ITS dengan Rumah Sakit Mata Swasta yang berdiri sejak 1933 ini. 

Ketua Pelaksana acara 'Mechanical Medical Check-up', Bagas Ramadhan mengatakan, memilih RS Mata Undaan karena ingin memberikan yang terbaik untuk pemeriksaan pada mahasiswa Teknik Mesin. 

"RS Mata Undaan sudah terakreditas dan profesional soal pemeriksaan mata. Jadi kami ingin memberikan yang terbaik untuk pemeriksaan kali ini," kata Bagas. (pita)



Bagikan artikel ini