Pengobatan Glukoma 'Si Pencuri' Penglihatan

29 Dec 2018

Glaukoma alias si pencuri penglihatan merupakan kondisi dimana mata mengalami penyempitan pandangan. Penyebab utamanya adalah tekanan bola mata yang tinggi. Tekanan ini diakibatkan terjadinya penumpukan cairan di dalam mata, sehingga tekanan bola mata meningkat.

Peningkatan tekanan ini akan menyebar keseluruh bola mata, serta akan menekan saraf penglihatan yang berakibat kerusakan dan menjadi glaukoma,  bila ini tidak ditangani akan berakhir dengan kebutaan. Lalu bagaimanakah penangganan terhadap glukoma?

Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya, mempunyai layanan pengobatan glaukoma dengan tenaga medis yang handal didalamnya.

1. Obat Anti Glaukoma

Pada glaukoma tahap awal, dokter akan menyarankan pemberian obat anti glaukoma yang berfungsi mengurangi produksi cairan mata (akuos humor), memperbaiki saluran pembuangan cairan mata.

2. Operasi Dengan Sinar Laser

Beberapa sinar laser yang digunakan:
A.  Laser Iridotomi (argon laser & YAG laser).
B.  Laser Iridoplasti (argon laser)
C.  ALT (Argon Laser Trabekuloplasty)
D.  Laser Trabekuloplasty SLT (Selective Laser Trabekuloplasty)

Penggunaanya tergantu dari jenis glaukoma yang diderita,  sayangnya tak semua jenis glaukoma dapat ditindak dengan sinar laser.

3. Operasi Konvensional

Bagi penderita glaukoma dengan jenis yang dapat melakukan operasi laser, tak perlu khawatir Rumah Sakit Mata Undaan juga menyediakan operasi konvensional (operasi manual tanpa laser) dengan dua jenis yaitu Iridektomi Perifer dan Trabekulektomi.

4. Operasi dengan GDD (Glaukoma Drainage Device)

Operasi ini merupakan operasi dengan cara dipasang pipa. Untuk diketahui,  glaukoma terbagi dalam beberapa jenis, yaitu glaukoma berdasarkan perjalanan penyakitnya, ada glaukoma kronis, akut, kongenital (bawaan lahir), adapula glaukoma berdasarkan penyebanya glaukoma primer (dapat diturunkan) dan glaukoma sekunder (karena penyakit tertentu, terakhir glaukoma berdasarkan keadaan sudut bilik mata, glaukoma sudut terbuka serta glaukoma sudut sempit.

Bagi Anda yang mencari layanan pengobatan glaukoma, atau ingin memeriksakan mata sebagai antisipasi glaukoma sedini mungkin. Anda bisa datang langsung ke Rumah Sakit Mata Undaan yang beralamat di Jalan Undaan No. 19, Peneleh,  Genteng,  Surabaya. RSMU memiliki jam operasional setiap hari pukul 07.00-20.00 WIB. (pts)



Bagikan artikel ini