Ngiler Saat Tidur, Tanda Kelelahan?

14 Apr 2019

Sebenarnya, ngiler saat tidur adalah hal yang sangat normal. Pasalnya, mulut akan terus memproduksi air liur atau saliva, bahkan saat kita tertidur.

Saat tidur, otot-otot tubuh rileks, sehingga mungkin saja Anda tertidur dalam posisi mulut yang terbuka. Mulut terbuka saat tidur juga biasanya disebabkan karena tubuh ingin mendapatkan lebih banyak oksigen, sehingga dengan otomatis Anda bernapas dari mulut. 

Air liur yang terus-terusan diproduksi tersebut tidak bisa tertelan semua karena Anda tertidur, akhirnya air liur terumpuk di mulut dan malah keluar, alias Anda mengiler.

Meski begitu, sebenarnya ada beberapa hal umum yang biasanya jadi penyebab ngiler saat tidur, seperti alergi, radang amandel, atau infeksi sinus.

Jika Anda mengalami hidung tersumbat, alangkah baiknya untuk mulai berkonsultasi dengan dokter. Kemungkinan besar penyebab ngiler saat tidur yang harus diwaspadai adalah infeksi sinus.

Berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Setelah Anda mengetahui apakah benar kelelahan menyebabkan ngiler ketika tidur dan cara mengatasinya, mungkin Anda bisa mulai mengelola rasa lelah di dalam tubuh Anda.
Mulai dari mengatur jam tidur hingga mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Walaupun sebenarnya situasi ini tidak dikatakan berbahaya, lebih baik untuk menyingkirkan hal yang mengganggu Anda ketika terbangun di pagi hari. (yas)



Bagikan artikel ini