Merokok Juga Bisa Picu Katarak

09 Oct 2018

Pandangan kabur seperti melihat asap, mata menjadi sangat sensitif terhadap cahaya menyilaukan, dan sulit melihat saat cahaya remang-remang atau sangat terang adalah salah satu gejala yang menadakan Anda menderita katarak. Penyakit mata ini, biasanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia.

Namun tak menutup kemungkinan, mereka yang diusia muda dapat terserang katarak. Faktor penyebabnya ada bermacam-macam, bisa karena mata terpapar sinar matahari yang sangat lama, memiliki penyakit diabetes dan memiliki keluarga dengan riwayat penyakit serupa.

Selain itu, pola makan yang tidak sehat dan kurang vitamin, serta mengonsumsi minuman keras dalam jumlah banyak secara rutin, juga meningkatkan risiko seseorang terserang katarak. Namun tahukah Anda? penelitian ternyata juga menjelaskan, bawa merokok dapat menjadi salah satu pemicu katarak bahkan kebutaan pada seseorang.

Merokok dapat merusak banyak organ, termasuk mata. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang dilepaskan dari asap rokok mempengaruhi mata melalui aliran darah atau langsung pada mata. Asap tembakau mengiritasi dan mengobarkan konjungtiva , selaput tipis dan jelas yang mencakup bagian putih mata ( konjungtivitis ).

Dalam sebuah studi terhadap lebih dari 50.000 perempuan, berusia 45-67 menunjukkan bahwa mereka yang merokok memiliki 63 persen peningkatan risiko katarak dibandingkan dengan non-perokok. Asap rokok yang diisap oleh perokok aktif maupun pasif dapat menyebabkan katarak karena faktor radikal bebas (oksidan). Untuk mengurangi risiko terjangkit penyakit katarak, disarankan agar mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Buah apel, pir, anggur, jeruk, pisang, mangga, nanas, pepaya, serta stroberi adalah buah-buahan yang mengandung antioksidan. Dari jenis sayur-sayuran, brokoli, asparagus, tomat, kubis merah, ubi merah. Beberapa kacang-kacangan pun, ada yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, seperti di pecan, kenari, dan almond.

Memakannya dapat meminimasir Anda menderita katarak. Namun, apabila sungguh-sungguh ingin terhindar dari katarak, hal yang harus Anda lakukan adalah menjaga dan melindungi kesehatan mata. Selain itu, penting juga tidak merokoh. Tak hanya menjaga menghindari katarak, melakukannya dapat membuat Anda terhindar dari penyakit mengerikan lainnya. Kanker misalnya.

Selain itu, perlu diingat, penyakit katarak di Indonesia menempati peringkat pertama di Asia Tenggara dan peringkat kedua di negara-negara Asia. Katarak menempati peringkat pertama penyebab kebutaan di Indonesia dan seluruh dunia.



Bagikan artikel ini