Mengenal Glioblastoma Penyakit yang Diderita Agung Hercules

19 Jun 2019
Agung Hercules mengidap kanker otak bagian kiri. (Foto: Instagram)

Agung Hercules, pelantun lagu Astuti yang identik dengan barbelnya itu, lama absen di televisi. Ia rupanya tengah terbaring sakit. Otot kekarnya berganti dengan tubuh yang kurus. Rambut panjangnya pun sudah berubah botak. Menurut sang istri, Mira Rahayu, dan beberapa rekan artis dan komedian yang telah menjenguk Agung Hercules, menyebut bahwa penyakit yang diidap ialah Glioblastoma atau kanker otak stadium 4.

Dikutip dari berbagai sumber, Glioblastoma atau glioblastoma multiforme (GBM) termasuk dalam jenis kanker otak, yakni tumor ganas stadium 4 yang berada di otak. Glioblastoma umum terjadi di kalangan orang dewasa. Kanker jenis ini sangat agresif, yang artinya dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat.

Glioblastoma lebih banyak diderita oleh pria dibandingkan wanita. Risiko ini akan semakin besar seiring bertambahnya usia. Kanker ini biasanya tumbuh di salah satu sisi otak dan bisa menyebar melalui serat saraf penyambung  (corpus callosum) ke sisi otak lainnya. GBM sangat jarang menyebar di luar otak.

Gejala Glioblastoma tergantung dari dimana tumbuhnya kanker tersebut berada. Gejala yang sering muncul antara lain sakit kepala yang terus menerus, kejang, muntah, perubahan suasana hati dan kepribadian, pandangan kabur dan kesulitan bicara. 

Dalam pemeriksaan untuk mendiagnosis Glioblastoma dokter ahli saraf akan memberikan pemeriksaan lengkap seperti MRI dan CT scan serta tes tambahan lainnya tergantung dari keadaan pasien.

Penyakit ini bisa sangat sulit untuk ditangani karena beberapa sel dapat merespon baik pada terapi-terapi tertentu, namun beberapa bisa tak berefek sama sekali. Maka dari itu perencanaan pengobatan bagi glioblastoma akan sangat membantu pendekatan terapi tersebut. (pita)



Bagikan artikel ini