Mendengkur Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

04 Dec 2018
Ilustrasi.

Mendengkur atau biasa dikenal dengan ngorok, memang seringkali mengganggu orang yang tidur di dekat kita. Sayangnya tak banyak yang tahu bahwa mendengkur dapat menyebabkan penyakit jantung.

Biasanya orang yang merasa terganggu akan dengkuran orang yang tidur di sebelahnya, akan langsung membangunkan. Namun sebaiknya Anda perhatikan dulu dengkurannya. Jangan sampai mereka terkena Obstructive Sleep Apnea (OSA).

OSA merupakan dengkuran yang melibatkan terputusnya napas saat tidur. OSA juga membuat orang terkena penyakit jantung dan stroke dalam waktu lama. Dalam kajian ilmiah berjudul Obstructive Sleep Apnea and Cardiovascular Disease yang dipublikasikan dalam Journal of The American College of Cardiology tahun 2003, menyebutkan bahwa penderita OSA punya risiko 40% lebih tinggi untuk terkena serangan jantung dibandingkan orang-orang yang tidur nyenyak.

Selain itu, berat badan merupakan salah satu faktor penyebab OSA, untuk itu menurunkan berat badan merupakan solusi paling baik untuk mengatasi dengkuran OSA.

Namun, bukan berarti orang yang mendengkur tanpa OSA akan terbebas dari bahaya. Kajian lain dari Henry Ford Hospital di AS menemukan, dengkuran  tanpa OSA juga ada kaitannya dengan penebalan pembuluh nadi di leher.

Dalam jangka panjang, gejala ini berpotensi menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Inilah yang akhirnya bisa berkembang menjadi berbagai penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke.

Jadi mulai sekarang jika orang terdekat mendengkur atau mungkin anda sendiri,  cobalah untuk pelan-pelan menghilangkannya atau konsultasi ke dokter, agar Anda terhindar dari penyakit jantung akibat mendengkur. (pts)

 



Bagikan artikel ini