Memberi Bedak di Area Kemaluan Bayi Tidak Disarankan, Ini alasanya

14 May 2019
Ilustrasi (Foto: google)

Pernahkah Anda menaburkan bedak bayi sampai ke area kemaluannya? Faktanya, hal itu dapat menyebabkan tumbuhnya kuman di area kemaluan tersebut. "Sebenarnya tidak boleh, meskipun tujuannya baik untuk membuat anak lebih wangi atau semacamnya. Karena, bubuk bedak yang ditabur di area kemaluan akan mengendap dan bercampur dengan keringat sehingga menjadi media pertumbuhan kuman di area kemaluan," ujar dokter spesialis urologi, dr. Wisnu Laksmana,Sp.U.

Selain itu, ujar Wisnu, masalah lain akan muncul ketika bubuk bedak tersebut masuk ke area kemaluan. Masalah seperti infeksi saluran kencing atau lainnya dapat terjadi. Untuk membersihkan area kemaluan pada balita hanya cukup di bilas dengan air bersih dan diperhatikan cara membilasnya. 

"Untuk bayi perempuan cukup dibilas air bersih dan dibasuh satu arah dari depan ke belakang agar kotoran di daerah anus tidak terbawa ke depan lagi, sehingga kuman tersebut dapat menyebabkan gangguan saluran kencing," jelasnya. 

Sementara bayi laki-laki juga diperhatikan saat membersihkan area kemaluannya, dengan membuka ujung kulit yang masih nempel lalu dibersihkan. 

"Kalau terlalu menempel dan anak kesakitan saat dibersihkan, bisa di rendam air hangat terlebih dahulu di area kemaluan anak laki-laki lalu dibersihkan berlahan," tutup Wisnu. (pita)



Bagikan artikel ini