Manfaat Talas yang Jarang Diketahui

01 Jun 2019

Talas memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jenis umbi-umbian ini ternyata kaya akan nutrisi yang mampu memberikan manfaat nyata bagi kesehatan. Mulai dari mencegah diabetes hingga menjadi bahan untuk membatu perawatan kulit.

Menurut USDA Nutrient database Nasional, talas memiliki jumlah yang sangat signifikan dari diet serat dan karbohidrat, serta tingkat tinggi vitamin A , C, E, vitamin B6, dan folat. Juga terdapat magnesium, zat besi, seng, fosfor, kalium, mangan, dan tembaga di dalamnya.

Berikut rangkuman dari Theorganicfacts.com manfaat talas bagi kesehatan.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu fungsi terpenting dari akar talas dalam makanan adalah perannya dalam pencernaan. Kadar tinggi serat makanan yang ditemukan pada talas membuatnya sangat penting untuk mendukung kami gastrointestinal kesehatan.

Serat membantu menambah kotoran pada tinja kami, sehingga membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan dan memfasilitasi pencernaan yang lebih baik. Ini dapat membantu mencegah kondisi tertentu seperti kelebihan gas, kembung, kram, sembelit, dan bahkan diare.

Pastikan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak serat setiap hari atau efek sampingnya dapat berdampak negatif bagi tubuh Anda.

2. Pencegahan kanker

Berbicara tentang kanker, talas juga memainkan peran penting dalam aktivitas antioksidan dalam tubuh kita. Tingginya kadar vitamin A, C, dan berbagai antioksidan fenolik lainnya yang ditemukan dalam talas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dari sistem kita.
Radikal bebas adalah berbahaya oleh-produk dari sel metabolisme yang dapat menyebabkan sel-sel sehat bermutasi dan berubah menjadi kanker sel.

Dengan menghilangkan radikal bebas ini, kesehatan umum kita hampir dijamin!
Sebuah penelitian menyatakan bahwa cryptoxanthin, yang ditemukan dalam akar talas, secara langsung terkait dengan peluang yang lebih rendah untuk mengembangkan kanker paru-paru dan oral.

3. Pencegahan diabetes

Serat makanan juga dapat membantu menurunkan kemungkinan terkena diabetes karena mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh. Jika Anda memiliki tingkat serat yang cukup, yang disediakan oleh talas, Anda dapat mengelola kadar glikemik dengan lebih baik dan menurunkan kemungkinan terkena diabetes.

Jika Anda menderita diabetes, makanan kaya serat seperti akar talas dapat membantu mencegah lonjakan berbahaya dan menurunkan gula darah serta membantu meningkatkan rasa kenyang.

4. Kesehatan Jantung

Talas mengandung potasium, mineral penting yang kita butuhkan agar tetap sehat dan fungsional. Kalium tidak hanya memfasilitasi transfer cairan yang sehat antara membran dan jaringan di seluruh tubuh, tetapi juga membantu menghilangkan stres dan tekanan pada pembuluh darah dan arteri.

Dengan mengendurkan pembuluh darah, tekanan darah dapat dikurangi dan dengan demikian tekanan pada keseluruhan sistem kardiovaskular berkurang.
Potasium bahkan telah dihubungkan dengan peningkatan fungsi kognitif karena koneksi saraf dapat ditingkatkan ketika tekanan darah berkurang, dan transfer cairan antara membran saraf dioptimalkan.

5. Menjaga kesehatan mata

Talas mengandung berbagai antioksidan, termasuk beta-karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan penglihatan juga, dengan mencegah radikal bebas dari menyerang sel mata dan menyebabkan degenerasi makula atau katarak.

6. Perawatan kulit

Antara vitamin E dan vitamin A, kulit kita terlindungi dengan baik ketika kita menambahkan akar talas ke dalam makanan kita. Kedua vitamin esensial ini bekerja untuk menghilangkan kondisi kulit dan meningkatkan kesehatan sel secara keseluruhan. Itu berarti bahwa luka dan cacat kita lebih cepat sembuh, dan sinar yang sehat dapat dikembalikan ke kulit. Talas adalah rahasia kecil alami untuk kulit yang lebih sehat.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mungkin elemen terpenting dari talas untuk kesehatan adalah perannya dalam sistem kekebalan tubuh. Memiliki sangat tingkat tinggi dari vitamin C dalam setiap porsi. Vitamin ini membantu merangsang sistem kekebalan untuk membuat sel darah putih, yang melindungi tubuh dari patogen dan agen asing.

Selain itu, vitamin C bertindak sebagai antioksidan, yang dapat membantu mencegah perkembangan kondisi kesehatan yang serius.

8. Meningkatkan sirkulasi

Mineral isi dari talas memiliki puluhan aplikasi yang berguna. Namun keberadaan ganda besi dan tembaga dalam talas membuatnya menjadi makanan yang sangat penting untuk membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi seluruh tubuh.

Zat besi dan tembaga keduanya penting untuk produksi sel darah merah, yang membawa oksigen yang sangat penting ke sistem organ tubuh kita. Ini, pada gilirannya, membantu meningkatkan aktivitas metabolisme, mencegah kelelahan, memungkinkan pertumbuhan sel-sel baru, dan oksigenasi umum tubuh, yang menghasilkan organ dan sistem berfungsi pada tingkat optimalnya. (yas)



Bagikan artikel ini