Manfaat olahraga wushu bagi tubuh.

06 Dec 2018
Ratus Wushu Asia Tenggara, Lindswell Kwok, peraih medali emas Asian Games 2018.

Nama Lindswell Kwok mencuri perhatian publik karena prestasinya menyumbangkan emas pertama untuk indonesia dari cabang olahraga Wushu di Asian Games 2018. Cabang bela diri yang berasal dari China ini merupakan olahraga kategori seni bela diri (martial art). Wushu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat wushu bagi tubuh:

1. Melatih kekuatan

Gerakan-gerakan pada wushu dapat melatih otot pada tubuh. Diantaranya otot kaki, perut, lengan, dan punggung. Jika Anda berlatih wushu secara teratur dapat membuat bentuk tubuh anda menjadi ideal. 

2. Melatih kelenturan tubuh

Gerakan wushu juga dapat melatih kelenturan tubuh seperti betis, pinggul, dada,  punggung, lengan, dan bahu jika dilatih secara teratur.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berlatih wushu secara teratur dengan tekanan yang cukup tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Karena olahraga ini juga menuntut ketahanan fisik orang yang melakukannya. 

4. Meningkatkan gerak refleks tubuh

Melalui berbagai gerakan yang ada di Wushu dapat meningkatkan gerak refleks Anda agar lebih kuat dan gerakan tubuh menjadi lebih fleksibel. Karena gerakan Wushu merupakan gerak koordinasi yang terjadi dalam tubuh.

5. Melatih keseimbangan tubuh

Saat berlatih wushu, Anda akan akrab dengan gerakan seperti berdiri dengan satu kaki maupun berbagai gerakan yang bertujuan untuk menemukan pusat tubuh Anda. Alhasil dengan latihan tersebut, koordinasi gerak tubuh Anda akan lebih seimbang. (pts)



Bagikan artikel ini