Karang Gigi Tidak Bisa Hilang dengan Cara Menyikat Gigi, Benarkah Itu?

29 Dec 2018

Karang gigi yang dapat menyebabkan bau mulut, tidak bisa hilang hanya dengan cara rutin menyikat gigi. Hal ini dibenarkan oleh Dokter Spesialis penyakit mulut instalasi gigi dan mulut RSUD Dr. Soetomo, Dr Remita Adya Prasetyo drg Sp PM.

Remita mengatakan, karang gigi tidak bisa hilang hanya dengan rutin menggosok gigi. "Karang gigi itukan sisa makanan yang menempel di gusi dan gigi, sisa makanan itu akhirnya mengeras jadi sikat gigi saja tidak akan cukup untuk menghilangkannya," ujarnya.

Menurut Remita, cara untuk menghilangkannya adalah dengan alat kedokteran gigi. Karena jika tidak menggunakan alat karang gigi tidak akan bisa hilang. 

Remita juga menjelaskan, karang gigi yang ada di dalam gigi akan selalu ada. "Kita makan, tidak makan karang gigi akan selalu ada, tapi memang dia akan lebih banyak tubuh di area gigi yanh sering dibuat makan," ungkapnya.

Membersihkan Karang Gigi dengan Soda

Spekulasi lain tentang membersihkan karang gigi dengan soda, juga tak dibenarkan oleh dokter RSUD Dr. Soetomo ini. 

"Karang gigi itu kan ada dalam gusi di sela-sela gigi, mengunakan soda dengan cara dikumur atau lainnya pun juga tidak akan efektif, mungkin bisa hilang tapi cuma sedikit tidak banyak," jelasnya.

Maka dari itu, Remita menganjurkan untuk membersihkan dan memeriksakan gigi ke dokter gigi, minimal 6 bulan sekali secara rutin. "Setidaknya enam bulan sekali membersihkan karang gigi," tutupnya. (pts)



Bagikan artikel ini