#JumatBerkah, Yuk Salat, Yuk Olahraga

07 Oct 2018
Foto: Google

#JumatBerkah sendang menjadi tren no 1 di twitter hari ini. Tertangkapnya Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno Hatta, bahkan ditulis dengan disertai hastag tersebut.

Hmmm... #RatuHoax ini ke Chile ? Syukurlah DITANGKAP POLISI tadi malam di bandara Soetta. Semoga #JumatBerkah hari ini untuk kita semua. Aamiin YRA lindungilah negeri ini. - ditulis oleh akun twitter @fadjroel

Namun, sebagian besar warga twitter menggunakan #JumatBerkah untuk mengungkapkan syukur dan mengingat kuasa Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sebagian lainnya menulis tentang kegiatannya di hari jumat, simpati dan dukungan untuk korban bencana alam. Ada pula yang mengingatkan tentang ibadah yang baik dilakukan umat Islam di hari Jumat. Yakni membaca Surat Al-Kahfi dan melaksanakan ibadah salat Jum'at (bagi laki-laki).

Bicara soal salat, tahukah Anda kalau salat ternyata menjadi olahraga yang paling baik dilakukan? Penelitian yang dilakukan para ilmuwan Universitas Binghamton, New York, Amerika Serikat, mengungkap manfaat sholat lima waktu yang dilakukan umat Muslim. Dalam laporan penelitian, disebutkan bawasanya gerakan sholat yang dilakukan dengan benar dan teratur dapat menyembuhkan sakit pinggang.

Sapa Dokter melansir dari laman www.binghamton.edu yang ditulis pada Maret tahun lalu "Satu cara untuk memikirkan pergerakan sholat sama dengan yoga atau terapi fisik yang digunakan untuk merawat sakit pinggang," demikian dikatakan Chair Mohammed Khasawneh, profesor dari Universitas Binghamton.

Para ilmuwan di universitas tersebut memfokuskan penelitian ini pada praktik gerakan sholat yang dilakukan secara berulang-ulang. Hasil kajian itu, selanjitnya diterbitkan menjadi sebuah paper dalam International Journal of Industrial and Systems Engineering.

Paper bertajuk "An ergonomic study of body motions during Muslim prayer using digital human modelling" itu menganalisis statistik berdasarkan pergerakan yang dihasilkan oleh model digital yang digerakkan komputer. Mereka membandingkan antara model digital yang menderita sakit pinggang dan yang sehat.

Menurut Khasawneh, kesehatan fisik dipengaruhi oleh faktor sosio-ekonomi, gaya hidup, dan religi. Bahkan, ia pun menambahkan studi yang mengindikasikan bahwa ada keterkaitan kuat antara sholat dan cara mempertahankan gaya hidup sehat secara fisik.

"Sholat bisa menghilangkan stres fisik dan kecemasan, sementara ada juga penelitian yang menunjukkan ritual sholat dapat dianggap sebagai pengobatan klinis yang efektif terhadap disfungsi neuro-muskuloskeletal," tuturnya.



Bagikan artikel ini