Ini Saran Pertanyaan yang Netral dari Psikolog Agar Tak Mudah Tersinggung

08 Jun 2019
Ilustrasi. (Foto: Google)

Beberapa pertanyaan yang diajukan keluarga saat berkumpul terkadang sering ditakuti. Hal ini terjadi karena, terkadang pertanyann tersebur terkesan memasuki ranah pribadi atau kids shaming. 

Untuk itu psikolog anak Indri Putri Waskithasari, M.Psi.,dari Rumah Sakit Husada Utama memberikan beberapa saran tentang topik apa saja yang bisa ditanyakan dan tidak menganggu kenyamanan seseorang. 

"Kalau untuk anak-anak mungkin bisa ditanyakan  tentang hal-hal yang dia suka, seperti hobi yang sedang disukai sekarang, kegiatan bermain apa yang disukai, makanan kesukaaannya apa, atau diajak untuk lebih menikmati hari lebaran dengan diakrabkan pada saudara-saudara tanpa membandingkan satu sama lain," kata Indri Putri Waskithasari, M.Psi.

Kalau untuk orang dewasa, lanjutnya bisa ditanyakan mengenai hal-hal yang nertal tanpa harus menanyakan masalah pribadinya. 

"Pertanyaan seperti kabar, mengapresiasi bahwa ia bisa tetap hadir di acara keluarga, ditanya apakah sudah mencicipi hidangan, mana yang paling disukai. Pertanyaan semakin netral akan membuat orang semakin nyaman saat ditanya," ungkapnya. 

Tambahnya, meski terdengar remeh temeh, tapi pertanyaan-pertanyaan seperti ini lebih netral dan tidak menyinggung perasaan. 

Di bulan yang baik seperti saat ini,  ada baiknya menjaga perasaan saudara atau teman terdekat agar terjalin hubungan yang baik tanpa menyisakan rasa ketersinggungan. (pita) 

 



Bagikan artikel ini