Ini Aturan yang Pas untuk Konsumsi Kue Lebaran Bagi Orang Dewasa

04 Jun 2019
Ilustrasi. (Foto: Google)

Kue kering khas lebaran yang bercita rasa manis, seperti nastar, kastengel, putri salju dan lainnya pasti menghiasi meja tamu untuk sajian Lebaran. Tak ketinggilan sirup juga selalu disajikan sebagai minuman pendamping kue-kue tersebut. 

Lantas, bagaimana aturan yang tepat untuk mengkonsumsi makanan manis saat Lebaran, agar tak terjadi gangguan kesehatan?

Alhi gizi kuliner Nurul Hindaryani, SPd.MGz dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekes) Surabaya mengatakan, aturan mengkonsumsi kudapan manis saat lebaran sama saja dengan takaran kudapan setiap harinya, yaitu 10 persen dari total kalori.

"Untuk dewasa total kalori yang dibutuhkan sekitar 2200 kalori setiap harinya. Dengan aturan tiga kali makanan pokok dan dua kali makanan selingan, makanan selingan ini dapat diartikan kudapan yang manis-manis itu," ungkap Nurul Hindaryani, Selasa 4 Juni 2019.

Aturan sekitar 200 kalori dalam waktu sekali makan kudapan, agar tidak terjadi penumpukan gula dalam tubuh. Bila dihitung dalam bentuk kue-kue kering, kata Nurul Hindaryani, sekitar 8 sampai 7 biji kue dalam sekali makan. 

"Ini juga dilihat dari apa yang diminum, kalau minumnya juga manis seperti sirup atau. Lainnya, 7 saja cukup sekali makan," imbuhnya.

Nurul Hindaryani mengatakan, bila ingin memakan kudapan saat Lebaran jangan hanya mengkonsumsi yang manis-manis. "Bisa makan kudapan manis saat pagi, lalu sorenya bisa makan kue pastel atau kastengel yang tidak terlalu manis," pesannya. 

Pahami aturan yang baik dalam mengkonsumsi kue-kue Lebaran agar tetap sehat dan berat badan tidak melonjak naik. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, dan selalu jaga kesehatan. (pita)



Bagikan artikel ini