Ini 5 Manfaat Judo untuk Kesehatan

10 Oct 2018
Foto: sportjudo.org

Miftahul Jannah, Judoka asal Indonesia menerima didiskualifikasi wasit dan batal bertanding di Asian Para Games, Senin (8/10). Keputusan itu dibuatnya, lantaran bersikukuh tidak melepas hijabnya.

Sikapnya itu mengundang respon yang beragam dari masyarakat. Ada yang menyayangkan, ada juga yang memuji dan bangga terhadap keputusannya memepertahankan hijab.

Namun, terlepas dari keputusan Miftahul Jinan yang sedang ramai diperbincangkan. Sudah tahu belum Judo itu olah raga apa? Dan bagaimana manfaatnya untuk kesehatan?

Judo adalah seni bela diri, olahraga, dan filosofi yang berakar dari Jepang. Seni bela diri Judo dikembangkan dari seni bela diri kuno Jepang yang disebut Jujutsu. Kano Jigoro adalah yang mengembangkannya. Judoka adalah sebutan untuk pejudo.

Jenis olahraga yang sudah menjadi cabang olah raga resmi ini, memiliki manfaat untuk kesehatan pemainnya. Dilansir dari berbagai sumber, judo memiliki sekiranya 5 manfaat, yaitu:

1. Menyehatkan Otot
Judo bisa meningkatkan kekuatan otot. Karena teknik bergulat menggunakan seluruh bagia tubuh untuk bergerak dari bahu, dada, perut, leher, paha dan betis.

2. Menurunkan Berat Badan
Melakukan olah raga judo, pun bisa menurunkan berat badan. Gerakan memukul tubuh dalam olah raga ini menguras banyak energi, seningga kalori dalam tubuh terbakar.

3. Menghilangkan stress
Seni bela diri judo, biasa membuat pemain berteriak untuk meningkatkan fokus dan bernapas setiap kali teknik disampaikan. Hal ini juga dapat berfungsi sebagai cara untuk melepaskan ketegangan saraf dan energi. Inilah mengapa olahraga judo sangat baik untuk Anda yang kerap merasa stress.

4. Meningkatkan Kewaspadaan
Berlatih judo terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan dan menyehatkan otak para pemain. Hal ini dibuktikan oleh peneliti yang merekrut 21 orang dewasa amatir berlatih bela diri (karate, judo, dan taekwondo) dan 27 orang dewasa yang tidak pernah berolahraga untuk mengikuti tes kewaspadaan. Hasilnya, para amatir yang berlatih bela diri tersebut dalam jangka panjang, memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih baik. Ini artinya, semakin lama seseorang berlatih bela diri, semakin besar tingkat kewaspadaannya.

5. Membuat Seseorang Fokus Pada Tujuan
Seni bela diri Judo memiliki tujuan spesifik. Ketika mereka mencapai hal itu, mereka akan mencapai peringkat yang lebih tinggi. Peringkat sering dilambangkan dengan menggunakan sabuk berwarna.
Model latihan dalam olah raga ini, akan merangsang dan melatih otak pada anak untuk menetapkan tujuan dan mencapai sesuatu yang lebih tinggi. Dari olah raga judo, anak akan belajar untuk menghadapi tantangan baru dalam tiap tingkatan.
Ketika ia berhasil menghadapinya, ia akan sampai pada tujuan tertinggi yang diharapkannya.






Bagikan artikel ini