Cuka Apel Bermanfaat untuk Pencernaan

27 Dec 2018

Cuka sari apel telah lama dipercaya dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Bahkan beberapa aktris Holywood seperti Hilary Duft, Miranda Kerr sampai Megan Markle tenyata juga mengkonsumsi cuka apel atau nama lainya ACV (Apple Cider Vinegar).

Selain kebugaran. Tahukan Anda bahwa cuka apel banyak memiliki manfaat yang terkandung didalamnya? Ahli gizi fungsional, Brigid Titgemeier mengatakan, cuka apel juga bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan.

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki asam lambung, kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Menurut Tigmeier, asam lambung yang tidam normal akan menyebabkan tingkat pH di dalam perut meningkay yang membuat  bakteri  berkembang di lingkungan usus.

Sedangkan di dalam cuka apel mengandung asem asetat yang dapat membantu sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme lemak. Selain itu, cuka apel yang ada dalam makanan juga dapat menstabilkan gula darah,  sehingga sanggat baik juga untuk penderita diabetes. 

Tigmeier juga mengatakan,  cuka apel baik dikonsumsi satu hingga dua sendok makan dengan 0,2 liter air sebelum makan. Bagi anda yang ingin merasakan manfaatnya konsumsi cuka apel organik yang tidak melewati pemprosesan secara kimia.

Cuka apel sendiri terbuat dari sari buah apel yang difermentasi, cuka apel telah populer sejak tahun 1970-an sebagai obat multi guna untuk segala macam penyakit. Yang terbaru cuka apel juga sudah diolah menjadi bahan kosmetik yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat. (pts)



Bagikan artikel ini