Cara Makan yang Disarankan untuk Penderita Leukemia

29 Dec 2018

Musikus Indonesia Dian Pramana Poetra, Kamis malam, 27 Desember 2018 meninggal dunia akibat kanker darah atau leukemia yang dideritanya. Penyanyi teman duet Deddy Dhukun ini menderita leukimia stadium empat yang baru ia ketahui belakangan ini. 

Bagi penderita leukemia, tentu saja tidak dianjurkan sembarangan mengkonsumsi makanan setiap harinya. Diet sehat cukup disarankan untuk melawan penyakit leukemia. 

Dikutip dari berbagai sumber,  inilah 6 makanan yang dianjurkan untuk pasien leukemia.

1. Makan 10 buah dan sayur setiap hari

Buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin, antioksidan, mineral serta pythochemical dapat memerangi sel-sek kanker seperti leukemia. Anda dapat mengkreasikan 10 buah dan sayur tersebut agar tidak bosan,  seperti makan eskrim dengan toping buah diatasnya atau membuat smoothie

2. Kukus sayuran

Dengan cara mengkukus sayuran, penderita leukemia akan mendapatkan nutrisi paling banyak dari sayuran. Karena sayuran yang dikukus tidak akan kehilangan banyak nutrisi. 

3. Konsumsi gandum

Bukan rahasia lagi kalau gandum merupakan makanan sehat. Gandum juga bisa menjaga kadar gula darah dan tekanan darah. Nutrisi yang ada pada gandum sangat disarankan untuk penderita leukemia. 

4. Perbanyak protein

Efek kemoterapi dapat menyebakan mual, muntah serta kehilangan nafsu makan. Untuk itu dibutuh protein untuk menghasilkan tenaga bagi penderita leukemia,  tapi tetap pilih protein yang sehat ya seperti salmon atau kacang-kacangan. 

5. Konsumsi bakteri baik

Ingat, tidak semua bakteri buruk untuk tubuh. Adapula bakteri baik yang disebut probiotik yang membantu penderita leukemia menenangkan perut usai menjalankan kemoterapi,  bakteri baik dapat ditemukan pada youghart,  minuman kefir atau kimchi. 

6. Makan setiap dua jam sekali

Penderita leukemia akan kehilangan berat badannya akibat kehilangan nafsu makan dan mual.  Untuk dapat tetap menjaga keseimbangan tubuhnya penderita leukimia harus sering mengkonsumsi makanan bergizi minimal dua jam sekali. (pts)



Bagikan artikel ini