Bukan Pasta Gigi, Ini Pertolongan Pertama Luka Bakar

31 Dec 2018

Luka bakar kerap terjadi dimana saja tanpa bisa diduga. Apalagi di malam perayaan tahun baru yang tinggal hitungan jam saja, barangkali ada korban yang mengalami luka bakar karena kembang api atau petasan. 

Pertolongan pertama pada luka bakar sangat penting. Biasanya, korban luka bakar menggunakan pasta gigi, kecap maupun minyak goreng sebagai pertolongan pertama pada luka bakar. Benarkah hal ini? 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Maylita Sari Sp,KK mengatakan,  memberikan pasta gigi atau bahan lain untuk pertolongan pertama luka bakar tidak dianjurkan,  karena dapat membuat kulit iritasi dan menghambat keluarnya air dari dalam kulit. 

"Kalau pakai pasta gigi atau minyak malah akan memperlambat kesembuhan luka bakarnya," ujarnya.

Cara pertolongan pertama pada luka bakar, menurut Maylita Sari, prinsipnya harus menstabilkan suhu panasnya dengan cara memberi air mengalir sesuai suhu ruangan atau mengopres luka dengan air es. 

"Hal ini dilakukan agar suhu panas luka bakar berubah menjadi suhu normal, sehingga kerusakan akibat panas tidak semakin dalam," jelasnya.

Setelah itu, oleskan salep anti radang atau anti iritasi pada luka bakarnya. "Setelah dilakukan pertolongan pertama tetap harus dibawa kedokter,  untuk mendapatkan pengobatan selanjutnya. Karena pengobatan selanjutnya tergantung dari derajat luka bakar," pungkasnya. (pts)

 

 

 

 

 

 



Bagikan artikel ini