Bukan Micin, Kebiasaan Ini yang Bikin IQ Jongkok

13 Apr 2019

Beberapa kebiasaan sehari-hari dan sering kita lakukan mungkin dapat membuat tingkat kecerdasan atau IQ menurun secara drastis. Bukan lagi soal micin, berikut kebiasaan yang ternyata dapat membahayakan otak dan membuat IQ menurun drastis dikutip dari berbagai sumber.

1. Multitasking

Ahli saraf di Massachusetts Institute of Technology, Earl Miller, menuturkan otak tidak terhubung dalam kegiatan yang multitasking. Ketika seseorang berpikir sedang melakukan banyak hal dalam satu waktu, terdapat konsekuensi yang harus mereka terima.

Bahkan, hanya dengan melihat email saat mengerjakan tugas dapat menurunkan IQ sebanyak 10 poin. Multitasking seperti membuka terlalu banyak tab di komputer yang berperan menurunkan IQ.

2. Mengakses Google

Memiliki akses pada informasi yang tidak terbatas dimana saja dan kapan saja bisa menjadi berkah sekaligus masalah untuk otak. Mengandalkan Google untuk melakukan semua kegiatan seperti mencari nomor telepon, alamat, resep, dan kegiatan lain yang dilakukan berarti tidak lagi mengandalkan memori otak sebagai sebagik-baiknya media penyimpanan dan tentu saja akan mengurangi tingkat kecerdasan.

3. Menonton reality show

Sebuah penelitian di Austria menunjukkan menonton tayangan televisi menjadikan otak menurun kualitasnya. Dalam studi tersebut, beberapa peserta dibagi dua, mereka yang menonton tayangan reality show dan tidak sebelum diberikan tes yang sangat mudah. Hasilnya, mereka yang telah menonton tayangan reality show memiliki hasil yang jauh lebih buruk dibandingkan yang tidak.

4. Makan terlalu banyak gula

Konsumsi gula selama enam minggu dapat memperlambat kerja otak dan menghambat daya ingat. Diet tinggi gula juga diketahui memengaruhi fungsi sel otak dan kemampuan kognitif.

5. Mengunyah permen karet

Serangkaian percobaan yang dilakukan oleh Universitas Cardiff di Wales menemukan bahwa permen karet merusak ingatan jangka pendek. Mengunyah permen karet dapat mengalihkan seseorang dari tugas-tugas yang memerlukan memori jangka pendek seperti mempelajari urutan benda dalam daftar.

6. Rapat

Dalam melakukan pekerjaan bisnis di seluruh dunia, cukup umum untuk melemparkan ide-ide saat rapat yang membantu merangsang produktivitas dan kreativitas. Namun penelitian di Virginia Tech menemukan bahwa pengaturan kelompok dapat mengurangi esensi kecerdasan terutama di kalangan wanita dan pada kemampuan pemecahan masalah. (yas)



Bagikan artikel ini