Buah di Sekitar Anda yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

13 May 2019
Semangka yang tinggi air (foto: google)

Saat berbuka puasa memang dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis. Kurma menjadi salah satu primadona saat berbuka puasa, tapi bagaimana bila kurma tak ada? Tak perlu khawatir, buah disekitar Anda yang mudah didapatkan dan juga memiliki banyak kandungan vitamin, bisa dipilih untuk berbuka puasa selain kurma. 

"Pada dasarnya semua buah itu baik, bila tidak Ada kurma prinsipnya pilib buah yang tidak musiman dan tentunya juga tidak terlalu mahal, tapi memiliki banyak nutrisi," ujar Alhi gizi kuliner Nurul Hindaryani, SPd.MGz dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekes) Surabaya. 

Nurul Hindaryani merekomendasikan beberapa buah yang mudah ditemui, dan memiliki banyak nutrisi yang cocok untuk berbuka puasa. 

1. Pepaya

Buah pepaya memiliki citarasa manis. Kandungan vitamin C lebih tinggi dari buah jeruk. "Pepaya atau kates bahasa jawanya banyak mengandung vitamin A, vitamin B1, B5, B3, kalsium, potasium dan tentunya vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk," kata Nurul. 

2. Pisang 

Buah yang selalu ada tanpa menunggu musim tertentu ini, kata Nurul juga baik untuk berbuka puasa karena, kandungan vitamin E dan potasium dalam pisang baik untuk tubuh. Potasium sendiri dapat membantu tubuh untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh disamping itu juga baik untuk jantung, ginjal dan organ tubuh lainnya. 

3. Semangka

Semangka memikili banyak air yang dapat mengembalikan cairan tubuh saat berbuka, ujar Nurul selain itu juga buah satu ini memiliki banyak manfaat seperti bagian kulit putihnya memiliki manfaat untuk lambung. 

4. Melon 

Buah berwarna hijau banyak mengandung kalium, ungkap Nurul kalium bermanfaat untuk kesehatan jantung dan membantu aliran darah menjadi lancar. "Selain itu, vitamin C dan kandungan air dalam buah melon juga baik untuk tubuh yang seharian sudah berpuasa," ujar Nurul. (pita)



Bagikan artikel ini