Bersin dan Batuk, Pertahanan Tubuh Dari Penyakit

27 Dec 2018

Bersin dan batuk biasanya terjadi saat tubuh kita sedang sakit atau tanda dari suatu penyakit. Akan tetapi kenapa saat kondisi tubuh sehat pun terkadang kita juga sering batuk dan bersin. Tahukah Anda apa penyebabnya? 

Dokter spesialis paru-paru dr. Alfian Nur Rosyid, Sp.P menjelaskan, bersin dan batuk sebernarnya merupakan reaksi pertahanan tubuh, terhadap benda asing seperti baktreri, virus maupun debu, yang akan masuk ke tubuh lewat hidung maupun mulut. 

"Selain oksigen di udara juga mengandung partikel asing seperti debu, polusi,  alergen hingga bakteri maupun virus. Hidung berfungsi sebagai pengatur lalu lintas, Silia (bulu hidung) akan menyaring kotoran yang masuk dan mengirim rangsangan gatal ke otak dan terjadilah bersin," papar Alfian.

"Begitu pula dengan batuk, benda asing yang masuk ke mulut akan di keluarkan dengan batuk," tambah Alfian.

Menurut Alfian, tidak perlu cemas karena sering batuk maupun bersin, karena ini merupakan reaksi alami tubuh untuk mempertahankan diri. Saat bersin dan batuk benda asing pun keluar dari tubuh dan tidak akan menyebabkan penyakit. 

Sebaliknya jika tidak ada reaksi ini, benda asing seperti virus maupun bakteri akan mudah masuk ke dalam tubuh, dan menyebabkan penyakit pada organ tubuh yang disinggahinya. 

Alfian juga mengatakan, kalau bersin dan batuk sebagai reaksi pertama pertahanan tidak dapat memgeluarkan benda asing tersebut,  ada satu lagi bertahanan dalam tubuh yaitu dahak (berupa lendir yang diproduksi oleh membran mukosa). 

"Kalau bersin dan batuk tidak bisa mengeluarkan virus maupun bakteri, maka dahak dalam tubuh yang dihasilkan membran mukosa akan mengelemnya (menahan)  untuk tidak semakin masuk ke organ yang lain," jelasnya.

Bagi Anda yang sering bersin maupun batuk dikala kondisi tubuh sedang fit, tak perlu khawatir itu merupakan gejala penyakit. Tapi bisa saja itu adalah reaksi tubuh Anda pengeluarkan virus penyebab penyakit, jika sudah dikeluarkan tubuh Anda akan terjaga dari cikal bakal penyakit yang akan menyerang. (pts)



Bagikan artikel ini