Batang Pisang, Cegah Batu Ginjal hingga Obati Diabetes

15 Apr 2019

Ada banyak bagian dari pohon pisang yang bisa dimanfaatkan. Selain daun dan buahnya, batang pohon pisang ternyata kaya manfaat dan berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit.

Kandungan seratnya yang tinggi juga bisa membersikan sistem pencernaan kita yang pada akhirnya berpengaruh pada pencegahan penyakit. Di beberapa negara Asia seperti India, Malaysia, dan Thailand, batang dan bunga pisang bisa dimasak dan dimakan.

Namun, di Indonesia masih minim, bahkan hampir tidak ada yang mengonsumsi batang pisang. Padahal, menurut ahli gizi, batang pohon pisang mengandung berbagai nutrisi seperti tanin, gula, vitamin A, vitamin B, vitamin C, saponinZat tepung, kalium, serotonin, hidrokitiptamin, dan neropinefrin.

Berikut 5 manfaat luar biasa dari batang buah pisang bagi kesehatan dihimpun dari India.cureJoy.

1. Mencegah batu ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah setiap harinya. Oleh karena itu, endapan kalsium dalam organ ini bisa menyebabkan munculnya batu ginjal. Namun, hal itu bisa kita cegah dengan cara alami.
Satu di antaranya dengan memanfaatkan efek diuretik batang pohon pisang, yang dipercaya bisa melancarkan buang air kecil dan membersihkan saluran ginjal.

2. Mengontrol keasaman

Orang dengan keasaam harus sering minum jus batang pisang, karena mampu memberikan bantuan dari tingkat keasaam lambung. Bahkan cara ini diyakini efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding lambung.

3. Mengobati diabetes

Karena jus batang pohon pisan bisa mengatur tingkat insulin dalam tubuh, hal ini sangat bermanfaat dalam mengobati diabetes. Minum jus batang pisang dengan tetap mempertahankan kandungan seratnya, mampu mencegah kadar gula dan dan menatralisir tensi darah.

4. Membantu menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat batang pisang adalah menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.
Karena dengan mengonsumsi batang buah pisang, sistem pencernaan kita bisa selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang terhubung dengan sistem pencernaan.

5. Menyembuhkan Anemia

Batang pohon pisang bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah, karena kandungan vitamin B6. Oleh karena itu, bagi penderita Anemia, mengonsumsi batang pohon pisang ini dipercaya bisa menjadi ramuan herbal untuk mengobati penyakit ini. (yas)



Bagikan artikel ini