Aturan Mengonsumsi Cairan Selama Menjalani Puasa

11 May 2019

Selama Ramadhan, aturan soal kebutuhan cairan tubuh sama saja seperti ketika kita tidak berpuasa, bergantung pada kebiasaan makan dan tingkat aktivitas yang dilakukan. Selain mengonsumsi air minum, cairan juga bisa didapat dari makanan seperti sayuran berkuah atau buah-buahan yang mengandung air.

“Mungkin Anda sudah memakan banyak sup, meminum susu, atau buah-buahan yang mengandung air yang akan berkontribusi pada jumlah cairan yang dibutuhkan selama sehari. Selama Ramadhan pastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah cairan yang tepat saat sahur dan berbuka,” jelas Tanya van Aswegen, pakar diet klinis di Klinik Valiant Dubai, Uni Emirat Arab.

Sementara itu Dr. Nacrin Uddin, dokter keluarga dan konsultan di Medcare Medical Centre, Inggris, mengingatkan agar Anda berhati-hati terhadap jenis minuman yang biasa disajikan selama Ramadhan. Air putih tetap menjadi jenis minuman terbaik yang perlu dikonsumsi untuk menjaga hidrasi tubuh. "Minuman-minuman manis yang hampir selalu hadir sebagai hidangan berbuka puasa sering kali mengandung gula tinggi dan tambahan kalori," sambungnya.

Perhatikan pula cara mengonsumsi air yang benar agar tubuh tidak kewalahan. “Sangat disarankan agar Anda tidak meminum air langsung dalam jumlah banyak di sekali waktu atau di waktu makan. Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi buah-buahan segar ketimbang jus buah dengan pemanis buatan,” jelas Nacrin Uddin. (yas)



Bagikan artikel ini