Aturan Kudapan Manis yang Tepat Untuk Anak-Anak

08 Jun 2019
Ilustrasi. (Foto: Google)

Jajanan atau kudapan manis saat lebaran selalu menyenangkan bagi anak-anak. Karena di momen ini mereka dapat mencipipi jajanan tersebut dengan sepuas hati, meski begitu orangtua dalam hal ini juga harus mengawasi konsumsi jajanan manis saat lebaran pada anak-anak agar tak terjadi tumpukan gula pada tubuhnya. 

Untuk itu alhi gizi kuliner Nurul Hindaryani, SPd.MGz dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekes) Surabaya memberikan, aturan yang tepat sebagai acuan orangtua dalam memberikan kudapan manis bagi anak-anaknya. 

"Aturan untuk anak-anak juga sama seperti orang dewasa yaitu, 10 persen kalori dari total kalorin yang dibutuhkan setiap harinya," kata Nurul Hindaryani. 

Pada anak kecil,  ujar Nurul Hindaryani total kalori yang dibutuhkan setiap harinya ialah 1500 kalori. Jadi, 10 persennya adalah sekitar 150 kalori sekali makan tiap pagi dan sore. 

"Kira-kira bila dihitung untuk kue nastar dan semacamnya,  sekali makan untuk anak-anak bisa mengkonsumsi 5 kue. Tapi dilihat lagi ukurannya kalau kuenya berukuran besar-besar mungkin jumlahnya bisa dikurangi sedikit," tambahnya. 

Menurut Nurul, bila di analogikan jumlah mengkonsumsi jajanan manis pada anak-anak setengah dari takaran orang dewasa.

Selain itu,  ia juga berpesan pada orangtua agar memperhatikan kebutuhan gizi seimbangnya anaknya dengan memberikan selingan buah-buahan ditengah selingan kudapan manis. (pita) 

 



Bagikan artikel ini