Anak Anji Terdiagnosa Autis Ringan, Ini Penjelasannya

18 May 2019

Penyanyi Anji awalnya mengira putra bungsunya, Sigra, mengalami keterlambatan bicara seperti keempat kakaknya. Namun kondisi Sigra tak juga membaik meski telah satu tahun mendapat terapi untuk keterlambatan bicara. Sigra kerap tantrum hingga Anji dan istrinya Wina membawa buah hatinya ke dokter.

Tak diduga, Sigra terdiagnosa Autism Spectrum Disorder (ASD) level ringan. Hal itu diungkap Anji dan istrinya, Wina di channel YouTube @keluargaceria.

"Jadi setelah 1 tahun aku bawa dia ke tempat lain ketemu sama ada psikolog, dokter anak, dan psikiater, lengkap. Dan baru dari situlah pertama kali aku mendengar bahwa Sigra itu didiagnosa Autism Spectrum Disorder level 1 itu level paling ringan," kata Wina.

Dikutip dari situs Autism Speaks, autisme adalah gangguan perkembangan otak yang mempengaruhi kemampuan pasien dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Autisme juga menyebabkan gangguan perilaku dan membatasi minat pasiennya. Gejala utama autisme adalah kesulitan berkomunikasi serta tingkah laku yang berulang dan terbatas.

Gejala tersebut biasanya muncul pada usia dini, terus ada, dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala ini menjadi dasar diagnosa ASD beserta kriteria lain untuk menentukan tingkat keparahannya. Dalam beberapa kondisi, penyandang ASD biasanya lebih peka terhadap suara, sinar, sentuhan, rasa, aroma, sakit, dan rangsangan lain. ASS juga kerap terkait kondisi kesehatan fisik dan mental tertentu.

American Psychiatric Association (APA) merilis Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) sebagai dasar diagnosa ASD. Perlunya penyandang ASD memerlukan bantuan atau tingkat keparahan dibagi menjadi 3 level. Terapi bagi penyandang ASD diberikan spesifik berdasarkan kondisi tiap pasien. (yas)



Bagikan artikel ini