Ada Segudang Manfaat di Balik Rasa Pahit Pare

01 Jun 2019

Terlepas dari rasa pahitnya, rupanya pare sendiri memiliki manfaat yang besar. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan pare untuk anak-anak dilansir dari parentinghealthybabies.com.

1. Kesehatan hati

Pare baik untuk kesehatan hati anak-anak.
Tidak hanya meningkatkan fungsi kantung empedu, namun juga menurunkan retensi cairan. Pare juga sangat baik dikonsumsi anak-anak yang memiliki sistem penceraaan yang lemah.

2. Kaya vitamin B

Pare kaya akan vitamin B kompleks, seperti vitamin B3, B6, B5, serta mineral penting seperti seng, besi, kalium, magnesium, dan mangan. Semua vitamin dan mineral ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat.

3. Mengandung flavonoid

Pare juga banyak mengandung flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan seperti B-karoten, lutein, A-karoten, dan zea-xanthin.
Sayuran ini juga kaya akan vitamin A. Semua kombinasi bahan-bahan tersebut bertindak sebagai pelindung dari radikal bebas.

4. Mempercepat pencernaan karbohidrat

Ini adalah manfaat yang sangat penting dari pare untuk anak-anak yang menderita diabetes tipe II sejak lahir. Karbohidrat diubah menjadi gula, dan pare memetabolisme gula.

Pencernaan karbohidrat yang lebih cepat menyiratkan penyimpanan lemak yang lebih sedikit di dalam tubuh, yang berdampak pada pemeliharaan berat badan yang sehat. Selain itu, pencernaan karbohidrat yang tepat juga menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan otot yang sehat.

5. Mengandung vitamin C

Pare mengandung banyak vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan alami paling kuat untuk membantu menangkal radikal bebas berbahaya dari tubuh. Kandungan vitamin C dalam pare juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

6. Asma

Pare juga bagus dikonsumsi untuk anak yang menderita masalah pernapasan seperti bronkitis dan asma. Untuk masalah pernapasan, berikan pare dalam bentuk jus, campur dengan air dan tambahkan madu untuk meningkatkan kesehatan.

7. Sumber vitamin K

Vitamin K berkontribusi untuk kesehatan tulang dan pembekuan darah sekaligus menjadi antiinflamasi yang efektif. (yas)



Bagikan artikel ini