7 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan Tubuh

15 Apr 2019

Daun kenikir biasa diolah menjadi lalapan atau menjadi olahan sayuran. Ya, daun kenikir tidak hanya enak jadi lalapan, namun juga punya khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa khasiat daun kenikir yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Kaya antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam Global Journal of Pharmacology, ada sekitar 37 jenis sayuran mentah yang diujicobakan, dan daun kenikir ternyata mengandung jenis antiokidan flavonoid yang tinggi.

Para peneliti pun meyakini bahwa jenis antioksidan yang terkandung dalam sayuran ini berdampak positif untuk mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, daun kenikir turut dilengkapi dengan senyawa fenol (sejenis flavonoid) yang berpotensi berkhasiat sebagai bahan dasar obat-obatan.

2. Mencegah penyakit hipertensi

Daun kenikir dipercaya memiliki efek antihipertensi, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang berisiko terkena maupun ingin mencegah hipertensi.
Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Research in Medical Sciences, daun kenikir dapat menghambat peningkatan frekuensi detak jantung pada hewan coba. 

Jika dibandingkan hasil penelitian tersebut setara dengan efek yang ditimbulkan dari obat antihipertensi. Di sisi lain, ada hal menarik lagi yang semakin memperkuat manfaat daun kenikir untuk mencegah hipertensi. Sayuran ini ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah berkat efek diuretik yang dimilikinya.

3. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Research in Medical Sciences, didapatkan bahwa daun kenikir memiliki efek antidiabetes. Hasil tersebut didapat setelah para peneliti menemukan adanya penurunan gula darah yang cukup signifikan, pada hewan coba dengan berat obesitas yang sebelumnya telah diberi ekstrak daun kenikir.

Ini dikarenakan daun kenikir memiliki enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa di dalam sistem pencernaan. Lebih dari itu, daun kenikir ini juga berpotensi mengelola kondisi hiperglikemia atau kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh.

4. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Hal ini terjadi ketika kerusakan jaringan tulang terjadi lebih cepat daripada produksi sel-sel tulang baru. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa daun kenikir dapat meningkatkan jumlah mineral, volume osteoid, serta osteoblas di dalam tulang. Meningkatkan tiga komposisi tulang ini dapat merangsang pembentukan dan perbaikan kondisi tulang dalam tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Obat Maag dan lemah lambung

Daun kenikir memiliki kandungan tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Zat ini juga dapat menguatkan otot sphingter lambung, yang bekerja untuk menerima berbagai asupan makanan tanpa membahayakan lambung seseorang. Untuk mengkonsumsi daun kenikir, dapat merebusnya dengan menambahkan garam kemudian memakannya dalam bentuk lalapan.

6. Obat lemah Jantung

Daun kenikir mengandung manfaat antioksidan dan flavonoid yang berperan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika di area jantung, senyawa flavonoid ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah.

7. Obat kanker

Daun kenikir dengan kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan yang mampu melawan kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung dan kanker hati. Untuk menanggulangi penyakit kanker dapat mengkonsumsi rebusan daun kenikir sesering mungkin, namun tetap mengkonsumsi manfaat air putih yang berfungsi untuk pelarut zat agar mudah terbawa oleh darah. (yas)



Bagikan artikel ini