6 Mitos dan Fakta Disfungsi Ereksi

06 Dec 2018

Disfungsi ereksi (DE) merupakan gangguan kesehatan pria. Meskipun tak berbahaya penyakit ini harus tetap mendapatkan penanganan serius untuk memperbaiki kualitas hidupnya.

Sayangnya, mitos tentang penyakit ini kadang menjadi penghambat pengobatannya. Spesialis andrologi dr. Susanto Suryaatmadja MS, Sp.And dalam acara edukasi media yang bertema 'Mitos dan Fakta Disfungsi ereksi', membeberkan mitos dan fakta yang harus anda ketahui tentang DE.

Inilah 6 mitos yang harus Anda ketahui kebenarannya:

1. Disfungsi ereksi merupakan proses normal penuaan

Faktanya: DE banyak terjadi pada pria lanjut usia, tapi bisa juga terjadi pada semua usia.  Karena DE bersifat multifaktorial artinya bisa disebabkan berbagai hal, salah satunya faktor pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. 

2. Disfungsi ereksi hanya mempegaruhi pria 

Faktanya: Tak hanya pria, pasangan juga dapat terpegaruh oleh DE. DE yang diderita kaum pria dapat menyebabkan perasaan adanya ketidakmampuan, frustasi, dan jatuhnya harga diri. Kegagalan komunikasi dengan pasangan dan penyangkalan masalah DE, akan memyebabkan depresi, anxietas dan rendahnya harga diri pria dan pasangannya. 

3.Disfungsi ereksi terjadi karena kurangnya gairah seksualitas

Faktanya: kondisi kesehatan lainnya, pengobatan, dan faktor psikologis yang dapat menyebabkan DE. Padahal untuk mencapai ereksi yang baik, dibutuhkan sirkulasi darah,  fungsi saraf, hormon, dan libido. Hormon testoteron yang rendah memang mempegaruhi libido, namun bukan satu-satunya faktor yang mempegaruhi ereksi. 

4.Disfungsi ereksi tidak perlu bantuan dokter 

Faktanya: sangat penting mendiskusikan DE dengan dokter. Karena DE mungkin bisa menjadi tanda awal masalah kesehatan yang lebih serius, seperti gangguan sirkulasi. 

5. Disfungsi ereksi dapat sembuh dengan obat herbal

Faktanya: herbal atau natural bukan berarti aman untuk digunakan, beberapa herbal dapat menyebabkan efek samping dan bisa berinteraksi dengan obat lain yang anda konsumsi. Jika Anda memang ingin memgkonsumsi herbal sebaiknya beekonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. 

6. Tidak bisa ereksi selalu merupakan tanda disfungsi ereksi 

Faktanya: beberapa pria terkadang tidak dapat ereksi dalam kondisi kelelahan, stres, atau sedang tidak mood. kondisi ini merupakan hal normal. DE sendiri merupakan kondisi ketidakmampuan persisten untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi saat berhubungan seksual. (pts)



Bagikan artikel ini