6 Manfaat Penting Buah Pepaya Bagi Kesehatan

30 Jun 2019

Pepaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain untuk melancarkan pencernaan, pepaya juga anti kanker hingga mencegah peradangan dan penuaan dini.

Pepaya merupakan buah berwarna oranye. Kandungan enzimnya disebut papain. Dalam satu buah pepaya berukuran kecil dengan berat 152 gram mengandung 59 Kkal, 15 gr karbohidrat, 3 gr serat dan 1 gr protein. Buah pepaya juga mengandung vitamin C, A, folat dan juga kalium.

Berikut ini 5 manfaat penting buah pepaya untuk kesehatan tubuh:

1. Mengandung antioksidan

Radikal bebas adalah molekul reaktif yang diciptakan selama metabolisme tubuh. Mereka dapat meningkatkan stres oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan, termasuk karotenoid yang ditemukan dalam pepaya dan dapat menetralkan radikal bebas.

Studi mencatat bahwa pepaya yang difermentasi dapat mengurangi stres oksidatif pada orang dewasa. Dan juga, banyak peneliti percaya bahwa radikal bebas yang berlebihan di otak adalah faktor penting dalam penyakit Alzheimer.

2. Anti kanker

Penelitian menunjukkan bahwa likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker. Dan mungkin juga bermanfaat bagi orang yang sudah dirawat karena kanker.

Pepaya dapat bekerja dengan mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap kanker. Selain itu, pepaya juga memiliki beberapa efek unik yang tidak dimiliki oleh buah-buahan lainnya.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Menambahkan pepaya ke dalam makanan dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Studi menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya dengan likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung Anda dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol. Rasio yang membaik juga termasuk alasan penurunan risiko penyakit jantung.

4. Mencegah peradangan

Peradangan kronis merupakan akar dari banyak penyakit dan makanan yang tidak sehat serta pilihan gaya hidup dapat mengakibatkan proses peradangan. Studi menunjukkan bahwa buah dan sayuran yang kaya antioksidan seperti pepaya membantu mengurangi inflamasi.

5. Meningkatkan pencernaan

Enzim papain dalam pepaya dapat membuat protein lebih mudah dicerna. Orang-orang di daerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala-gejala lain dari irritable bowel syndrome (IBS).

Dalam satu penelitian, orang yang menggunakan formula berbasis pepaya selama 40 hari akan mengalami peningkatan signifikan dalam sembelit dan kembung. Biji, daun dan akar pada pepaya juga telah terbukti dapat mengobati bisul pada hewan dan manusia

6. Cegah kerusakan kulit

Selain menjaga agar tubuh Anda sehat, pepaya juga dapat membantu kulit Anda terlihat lebih kencang dan awet muda. Aktivitas bebas yang berlebihan diyakini akan cepat mengalami banyak kerutan, kendur dan kerusakan kulit lainnya yang biasa terjadi seiring bertambahnya usia. Nah ternyata vitamin C dan likopen dalam pepaya melindungi kulit Anda dan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan ini. (yas)



Bagikan artikel ini