6 Cara Hilangkan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

04 Dec 2018
Ilustrasi.

Anda sering ngiler saat tidur? Hal ini bisa terjadi pada balita hingga orang dewasa.

Kebiasanya ini biasanya terjadi karena seseorang belum bisa mengendalikan otot-otot di sekitar mulutnya. Sementara pada orang dewasa, ada beberapa hal yang diketahui dapat menyebabkan ngiler saat tidur seperti gigi berlubang dan adanya rongga pada mulut. 

Meskipun hal ini tidak berbahaya sama sekali. Tapi coba Anda bayangkan jika ini sampai diketahui orang lain pasti malukan.

Berikut 6 cara untuk menghilangkan kebiasan ngiler di waktu Anda tidur:

1. Atur Posisi Tidur

Ubahlah dengan posisi telentang yang akan meminimalisir risiko ngiler saat tidur sekalipun mulut anda terbuka saat tidur. 

2. Bernapas dari Hidung

Sebelum Anda tidur oleskan wewangian di bawah hidung. Cara ini akan membuat Anda terbiasa bernapas dari hidung saat tidur. Ingat bernapas dalam mulut bukan kebiasaan yang baik, karena bisa menyebabkan tidur Anda mendengkur atau ngorok. Karena mulut yang terbuka dapat menyebabkan air liur menetes. 

3. Tambah Ketinggian Bantal

Menambah ketinggian bantal saat tidur akan membuat posisi kepala jadi lebih tinggi. Posisi kepala yang tinggi akan membuat air liur tertelan ke dalam tenggorokan sehingga tidak menggenang dalam mulut. Alhasil kebiasaan ngelir akan berkurang dengan sendirinya jika Anda rutin melakukannnya. 

4. Minum Air Putih Sebelum Tidur

Tahukah Anda bahwa bagian dalam mulut yang kering akan merangsang produksi air liur lebih banyak? Akibatnya, air liur yang telah menggenangi mulut akan keluar dengan sendirinya pada saat tidur. Solusi untuk mengurangi kebiasaan ngiler saat tidur adalah membiasakan diri untuk minum segelas air putih sebelum tidur. Melakukan kebiasaan ini secara teratur,  menjadikan produksi air liur Anda menjadi normal karena kelembaban bagin dalam mulut terjaga. 

5. Melatih Pernapasan

Salah satu cara menghilangkan ileran ialah dengan mengatur pernapasan yang baik karena pernapasan yang terganggu akan membuat mulut terbuka saat tidur. Selain itu pernapasan yang tidak baik akan mengganggu produksi air liur. Cara untuk mengatur pernapasan adalah dengan olahraga. 

6. Kurangi Konsumsi Makanan Asam dan Pedas

Makanan pedas dan asam berpotensi menambah jumlah air liur dalam tubuh, dimana keduanya berpotensi meningkatkan produksi air liur. Makanan pedas akan merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak air guna menghilangkan rasa pedas yang membakar di dalam mulut. (pts)



Bagikan artikel ini