5 Tips Cegah Masuk Angin Saat Musim Hujan

29 Dec 2018

Musim hujan seperti saat ini kerap membuat orang malas keluar rumah,  sehingga membuat orang  jarang bergerak maupun berolahraga akibatnya tubuh akan rentan terhadap penyakit.

Cuaca hujan berangin ini akan menyebabkan beberapa penyakit, salah satunya masuk angin. Maka dari itu coba terapkan lima tips dibawah untuk mencegah masuk angin serta penyakit lainnya. Berikut tipsnya:

1. Banyak Minum Air Putih

Saat cuaca sedang tak menentu seperti sekarang, jangan sampai tubuh Anda kekurangan cairan tubuh. Sebab tubuh membutuhkan banyak cairan untuk membantu kelancaran organ tubuh. Minum air putih yang cukup akan membantu Anda memebuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sebaiknya hindari pula minuman yang mengandung kafein seperti kopi, juga yang mengandung alkohol yang dapat menyebabkan Anda dehidrasi. 

2. Konsumsi Sayur Hijau dan Orange

Saat cuaca dingin seperti saat ini mungkin Anda bisa memprioritaskan untuk mengonsumsi buah yang berwarna hijau gelap dan orange. Contohnya sayur kale, bayam, wortel, jeruk, dan labu. Sayur dan buah berwarna ini banyak mengandung lemak dan gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tubuh bisa tetap sehat dan rentan terkena penyakit. 

3. Masak Menggunakan Remah

Rempah seperti bawang bombay, bawang putih, jahe, dan ketumbar selain sebagai menambah rasa pada masakan, rempah juga sekaligus meningkatkan funsi imun tubuhmu. Atau juga bisa menambahkan kunyit yang sering digunakan dalam obat tradisional masyarakat China. 

4. Rencanakan Olahraga

Tak hanya soal makanan, olahraga juga penting untuk dilakakukan guna menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Untuk itu coba mulai sekarang buatlah rencana olahragamu di setiap harinya. Jika olahraga di luar rumah sulit dilakukan karena musim hujan,  Anda tetap dapat berolahraga dirumah dengan melakukan gerakan seperti sit up, push up maupun senam aerobic.

5. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup selalu dianjurkan untuk mempertahankan kualitas hidup. Begitu pula saat musim hujan beristirahat yang cukup akan membuat tubuh beristirahat sejenak dari aktivitas sehari-hari.  Jika Anda menjaga jam tidur minimal 8 jam sehari, tubuh Anda akan tetap sehat dan rentan terhadap penyakit.

Cukup mudah bukan untuk diikuti, maka dari catat dan ikuti agar tubuh Anda bisa terhindar dari masuk angin serta penyakit lainnya.  Dan dapat melewati musim hujan tanpa kendala kesehatan berarti. (pts)



Bagikan artikel ini