5 Rempah-rempah yang Cocok untuk Diet

01 Jul 2019


Kandungan di dalam rempah-rempah, dipercaya dapat membantu melancarkan sistem metabolisme serta mempercepat pembakaran lemak menjadi energi. Berikut 5 rempah-rempah yang membantu menurunkan berat badan:

1. Kayu manis

Di balik aromanya yang harum, kayu manis bisa dimanfaatkan sebagai ramuan diet alami penurun berat badan. Menurut jurnal dari PubMed tahun 2009, kandungan di dalam kayu manis efektif menstabilkan gula darah, sehingga rasa lapar tidak akan mudah datang.

Kayu manis juga bisa menurunkan kadar beberapa enzim tertentu di dalam saluran pencernaan yang bertugas mengurai, dan membantu penyerapan karbohidrat.

2. Merica

Usai menyantap makanan yang mengandung merica, biasanya badan akan terasa hangat. Rasa hangat ini dihasilkan dari zat bernama piperine, yakni sejenis senyawa yang efeknya sama dengan capcaisin pada cabai.

Mengutip Indian Journal of Pharmacology tahun 2011, piperine bisa membantu penurunan berat badan dengan cara mempercepat pemecahan lemak menjadi energi. Bahkan, konsumsi satu sendok teh merica punya efek yang setara dengan olahraga selama 20 menit.

3. Kunyit

Mengkonsumsi kunyit juga dapat mempercepat pembakaran lemak menjadi energi. Dari jurnal Velleja Research, Italia, mengkonsumsi ekstrak kunyit yang mengandung curcumin selama satu bulan penuh dapat menurunkan kadar lemak hingga 5 persen. Konsumsi air rebusan kunyit, juga akan membuat perut kenyang lebih lama sehingga nafsu makan dapat lebih terkontrol.

4. Ginseng

Penelitian tahun 2014 dari Dongguk University, Korea Selatan, mengemukakan bahwa rutin mengkonsumsi ginseng dua kali sehari bisa membantu memperlambat penyerapan lemak di dalam tubuh. Kandungan di dalam rempah khas Korea Selatan ini juga bisa mempercepat pembakaran lemak menjadi energi.
Sensasi hangat setelah mengkonsumsi ginseng juga bisa membuat rasa lelah hilang. Kondisi badan yang prima tentunya akan memaksimalkan proses metabolisme di dalam tubuh.

5. Jinten

Konsumsi jinten secara teratur dapat membuat proses pembakaran lemak menjadi lebih efektif. Bahkan, menyantap suplemen dari ekstrak jinten selam delapan minggu dapat membantu menurunkan berat badan tiga kali lebih cepat dibandingkan mengkonsumsi yoghurt. Hal ini tentunya harus dibarengi dengan mengontrol pola makan yang sehat saat diet. (yas)



Bagikan artikel ini