5 Nutrisi Asupan Ibu Hamil

03 Dec 2018
Ilustrasi.

Asupan gizi ibu hamil merupakan faktor penting untuk menunjang kebutuhan nutrisi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Jika asupan itu terpenuhi dengan baik tanpa ada kekurangan dapat meminimalisir risiko penyakit kronis di kemudian hari, juga dapat mengurangi resiko stunting. Stunting merupakan pertumbuhan yang terhambat akibat gizi buruk dan disertai keadaan patologis (disertai gangguan kesehatan lainnya) seperti infeksi. 

Kebutuhan nutrisi wanita hamil memang berbeda dengan wanita yang tidak hamil. Saat keadaan hamil, perlu adanya tambahan 300 kalori terutama di trismester kedua dan ketiga.

Kebutuhan harian ibu hamil adalah kalsium sekitar 1000-1200 miligram, folat sebanyak 600-800 mikrogram, dan zat besi sebanyak 27 miligram.  Banyak bukan?  Maka dari itu ibu hamil harus sadar betul apa yang sebenarnya dia butuhkan.

Ahli gizi  kesehatan, Prof. Dr. Merryana Adriani, S. KM., M. Kes, memberikan daftar asupan nutrisi yang di butuhkan pada masa kehamilan. 

1. Karbohidrat 
Karbohidrat adalah sumber kalori yang penting bagi ibu hamil untuk mengahasilkan tenaga. Makanan sumber karbohidrat terbaik yang bisa Anda konsumsi antara lain nasi, kentang, sereal, pasta, dan mie.

2. Protein
Protein akan membantu pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan. Termasuk juga sel otak pada janin. Ada dua jenis protein ada protein hewani bisa didapatkan dengan banyak mengkonsumsi daging,  dan ada protein nabati yang dapat dikonsumsi melalui kacang-kacangan, tahu dan tempe.

3. Kalsium. 

Bukan hanya menguatkan tulang dan gigi Anda, kalsium juga berguna untuk membangun tulang dan gigi janin. Selain itu, kalsium membantu tubuh mengatur cairan, membantu kerja fungsi saraf dan kontraksi otot. Kebutuhan kalsium harian sekitar 1000 miligram selama kehamilan. Sumber kalsium terbaik ada di susu, keju, yoghurt, ikan sarden atau salmon, dan bayam.

4. Folat
Asam folat akan berperan penting dalam mengurangi risiko kelahiran bayi cacat, termasuk cacat tabung saraf pada janin yang memengaruhi otak serta sumsum tulang belakang janin. Adapun sumber asam folat bisa Anda dapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, stroberi, lemon, mangga, dan tomat.

5. Zat besi
Zat besi  akan membantu meningkatkan volume darah dan mencegah anemia. Sumber zat besi bisa didapatkan pada lobak, sayuran hijau seperti bayam, selada, kubis, biji-bijian, roti, sereal, dan havermut. Kandungan zat besi pada daging sapi dan boga bahari juga baik untuk gizi ibu hamil. (pts)



Bagikan artikel ini