5 Manfaat Mengonsumsi Singkong untuk Kesehatan

14 Apr 2019

Singkong sering dijadikan camilan sehat seperti kripik. Namun, tahukah Anda apa manfaat singkong dan nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya?

Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Singkong mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Dalam 100 gram singkong rebus, ada 112 kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak. Dalam takaran yang sama, singkong juga mengandung serat dan beberapa vitamin serta mineral.

Cara paling efektif untuk mempertahankan nilai gizi umbi adalah dengan di kukus. Singkong tidak dapat dimakan mentah karena mengandung faktor antinutritional dan racun.

Dirangkum dari laman Boldsky.com, berikut deretan manfaat singkong untuk kesehatan.

1. Membantu penurunan berat badan

Kaya akan serat makanan, singkong adalah pilihan yang tepat jika ingin menurunkan berat badan. Karena rendah kalori dan juga kandungan serat yang tinggi pada singkong membuat kita merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Dengan demikian, singkong bisa membantu mengurangi keinginan untuk terus-menerus ngemil yang mencegah penambahan berat badan yang tidak perlu.

2. Menyembuhkan migrain

Kehadiran vitamin B2 dan riboflavin dalam singkong bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Mengkonsumsi singkong dapat membantu mengurangi serangan migrain yang konstan.

3. Meningkatkan pencernaan

Singkong kaya akan serat makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Serat yang tidak larut membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan dengan menyerap semua racun yang tersimpan di usus, termasuk mengurangi peradangan saluran pencernaan. Dengan demikian, kandungan serat dalam akar yang dapat dimakan juga mencegah timbulnya masalah pencernaan.

4. Mengobati diare

Sifat antioksidan dari singkong dapat membantu mengatasi diare. Caranya rebus singkong dalam air selama satu jam dan mengkonsumsinya. Ini akan membantu menyingkirkan bakteri yang menyebabkan masalah perut dan mengurangi gejala diare. Kandungan serat juga membantu dalam menyembuhkan gejala diare.

5. Membersihkan cacing

Mengkonsumsi singkong dapat membantu meredakan kutu nematoda di perut dan usus. (yas)



Bagikan artikel ini