5 Makanan Mengenyangkan Saat Sahur

14 May 2019
Ilustrasi (Foto: google)

Saat sahur biasanya banyak orang tak memperhatikan kandungan makanan yang dikonsumsinya. Alasan ngantuk dan lemas lah yang membuat banyak orang makan seadanya saat sahur.

Sebenarnya, ada beberala pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi saat sahur yang membantu kenyang lebih lama, dan tentunya menghindarkan dari resiko gemuk. Dikutip dari berbagai sumber makanan ini dapat membantu Anda lebih cepat kenyang saat sahur.

1. Kentang rebus

Sebuah studi yang mengukur indeks kepuasan dari 38 makanan, termasuk nasi, cokelat, dan roti gandum, banyak orang menaruh kentang rebus di urutan tertinggi. Mereka merasa lebih kenyang dan makan dengan porsi lebih sedikit dua jam setelah mengkonsumsi kentang rebus. Selain karbohidrat yang tinggi dari kentang juga banyak mengandung vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh. 

2. Telur rebus

Sebuah studi yang dilakukan Saint Louis University menemukan bahwa orang yang memakan telur rebus untuk sarapan mendapatkan 330 kalori seharian daripada mereka yang sarapan dengan roti. Jadi tak ada salahnya menaruh telur rebus dalam menu sahur.

3. Apel

Satu buah apel juga bisa mengenyangkan. Hal ini disebabkan kandungan pectin di apel, yang dapat memperlambat pencernaan secara alamiah dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

"Memakan sebuah apel utuh akan butuh banyak waktu untuk kalori yang lebih sedikit. Sehingga tubuhmu punya banyak waktu untuk memberitahu otakmu bahwa kamu tak lagi lapar," kata Susan Roberts, PhD, profesor gizi di Tufts University.

4. Oatmeal

Makanan satu ini memang sangat terkenal karena, kandungan serat yang tinggi dan mampu menyerap cairan seperti spons. Saat dimasak dengan air atau susu, oat akan mengental dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melewati sistem pencernaan, sehingga membuat kenyang lebih lama. Tidak ada salahnya sahur dengan oatmeal tentu saja dengan beberapa tambahan toping sesuai selera. 

5. Smoothies

Makanan yang dibuat dari olahan buah pisang dan beberapa campuran buah lainnya memang mengenyangkan, dan biasa digunakan untuk sarapan. Tak ada salahnya juga mengkonsumsi smoothies saat sahur agar kenyang lebih lama. (pita)



Bagikan artikel ini