5 Cara Mencegah Varises yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

25 Dec 2018

Varises sering kali menjadi masalah penampilan bagi wanita, karena varises berupa jalur urat berwarna hitam kebiruan yang akan merusak penampilan kulit. 

Selain penampilan, varises merupakan masalah kesehatan yang tak dapat diabaikan. Jika diabaikan varises akan menjadi luka di atas mata kaki yang tak kunjung sembuh. 

Untuk itu pencegahan varises penting untuk dilakukan sebelum terjadi. Dokter Spesialis Toraks dr. Niko Azhari Hidayat, Sp. BTKV memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah sebagai pecegahan varises. 

1. Merengangakan kaki

Setelah berjalan ataupun berlari dengan jarak jauh, penting untuk melakukan perengangan pada kaki dengan cara meluruskan kaki, karena dengan meluruskan kaki aliran darah menjadi lancar dan pembuluh darah vena tidak tertekan, pembuluh darah vena yang tertekan akan menyebabkan pembekakan yang dinamakan varises. 

2. Hindari pakai celana ketat 

Celana yang terlalu ketat, akan menekan pembuluh darah vena di area betis sehingga akan menyebabkan pembengkakan dan berujung pada varises. "Kalau suka pakai celana ketat sebaiknya dihindari, pakai celana biasa saja agar pembuluh darah kaki juga tidak tertekan," ujar dokter RS Mitra Kenjeran ini.

3. Biasakan tubuh tegak saat duduk atau berdiri

Saat berdiri dan duduk usahakan postur tubuh dalam keadaan tegak jangan membungkuk. Posisi yang tegak akan membuat aliran darah lancar dan meminilasir adanya pembekakan pembuluh darah vena yang dapat mengakibatkan varises. 

4. Hindari pemakaian high heels terlalu lama

Pemakaian high heels tidak dianjurkan dipakai selama lebih dari 8 jam sehari, karena kebanyakan varises pada wanita juga diakibatkan pemakain high heels yang terlalu lama dan berulang-ulang. "Harus bijak dalam menggunakan high heels jangan terus -terusan dipakai, seperlunya saja," pesan Niko.

5. Gunakan kaki secara bergantian untuk tumpuan

Biasanya orang yang terlalu lama berdiri akan menggunakan salah satu kakinya untuk menjadi tumpuan, hal ini akan menyebabkan pembuluh darah vena salah satu kakinya tertekan. "Gunakan bergantian saja jadi setelah kanan lalu sebelah kiri," tambahnya.

Cara-cara ini dapat anda gunakan sebagai pencegahan. Jika Anda sudah terlanjur mengalami varises sebaiknya hubungi dokter untuk pengobatan selanjutnya. (pts)



Bagikan artikel ini