5 Cara Jaga Kulit Tetap Lembab Selama Berpuasa

12 May 2019

Kurangnya asupan cairan saat berpuasa rentan membuat kulit dehidrasi. Akibatnya, kulit terlihat lebih kering sampai bersisik yang terkadang diikuti rasa gatal, membuat Anda kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, berikut ini lima cara menjaga kulit tetap lembab selama berpuasa:

1. Perbanyak Konsumsi Vitamin

Vitamin punya banyak manfaat termasuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dan B berkhasiat mencegah kulit kering. Kekurangan vitamin B bisa memicu munculnya kerutan sampai penuaan dini. Sebagai pencegahan, selalu penuhi asupan vitamin A yang banyak terdapat pada sayuran hijau dan vitamin B yang terkandung pada biji-bijian utuh dan daging. Konsumsi juga vitamin C dan E. Vitamin C akan membuat kulit lebih bersinar. Sedangkan, vitamin E akan membantu proses regenerasi kulit.
 
2. Penuhi Asupan Air

Konsumsi delapan gelas air sehari wajib dipenuhi walau Anda sedang berpuasa. Kekurangan air akan menyebabkan tubuh lemas dan kulit kering. Kandungan air yang cukup dalam tubuh akan menjaga kulit tetap elastis dan tampak muda. Anda bisa menambah cadangan air dalam tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan air seperti semangka, jeruk, dan nanas.

3. Kurangi Kafein dan Soda

Minuman berkafein bersifat diuretik atau mendorong produksi air seni. Akibatnya, tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Selain itu, kafein akan menyerap asupan mineral dalam tubuh. Pun minuman bersoda, punya akibat yang sama. Padahal, kekurangan mineral dalam tubuh akan menyebabkan kulit kering. Maka kurangi konsumsi kafein dan soda selama berpuasa.

4. Gunakan Pelembap Sehabis Mandi

Pelembap wajib digunakan setiap hari terutama di bulan Ramadhan. Tak hanya digunakan di area wajah, tapi juga di seluruh tubuh. Baiknya, gunakan pelembap secara rutin setiap habis mandi. Karena penyerapan kulit bekerja paling maksimal seusai mandi. Banyak jenis dan kandungan pelembap yang tersedia di pasaran. Salah satunya, body milk dengan kandungan lemak dan protein yang menjaga kulit tubuh tetap lembap. Untuk kulit wajah, selalu sediakan facial mist setiap kali bepergian meski Anda sudah menggunakan pelembap. Semprotkan facial mist ketika kulit dirasa kering.

5. Kurangi Penggunaan Riasan

Hindari riasan tebal selama bulan Ramadhan. Kulit yang dehidrasi dan terpapar cuaca yang panas rentan memicu masalah kulit seperti jerawat. Cukup gunakan riasan wajah ringan berbahan dasar air dan hindari riasan berbahan dasar minyak karena berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan BB Cream dan lip balm. (yas)



Bagikan artikel ini