5 Bahaya Sering Minum Bubble Tea

Bubble tea tak tercerna dengan baik di usus.

Seorang gadis berusia 14 tahun di provinsi Zhejiang, Tiongkok dilarikan ke ruang gawat darurat, akibat sakit perut. Ia juga mengalami kesulitan makan dan buang air besar.

Dikutip dari World of Buzz, gadis itu menjalani pemeriksaan CT scan perut. Dokter pun menemukan bola-bola bubble tea yang tak tercerna di perut, usus, dan anus gadis tersebut.

Direktur People’s Hospital of Zhuji City He Yuling mengatakan, bola-bola bubble tea itu terbuat dari tepung tapioka sehingga tidak mudah dicerna.

Selain itu, beberapa pedagang juga menambahkan zat pengental pada bola-bola untuk membuatnya lebih kenyal, tetapi ternyata bisa berdampak buruk bagi sistem pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber tentang bahaya sering minum bubble tea bagi kesehatan.

1. Sembelit

Jika terlalu sering mengonsumsi bubble tea, maka Anda dapat terserang sembelit karena tubuh kesusahan dalam mencerna tepung tapioka bahan bubble tea.

2. Mengandung lemak tinggi

Lemak trans ini adalah lemak yang terkandung pada makanan yang telah melalui proses industri yang bertujuan untuk meningkatkan rasa dan tekstur makanan. Kandungan lemak trans yang tinggi memiliki banyak efek negatif bagi kesehatan, seperti kolesterol jahat yang meningkat, daya ingat yang menurun, hingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Kadar gula tinggi

Kandungan gula yang terdapat dalam bubble tea bahkan mencapai lebih dari 50% kebutuhan gula harian seseorang. Kelebihan kadar gula ini nantinya bisa menyebabkan timbulnya penyakit seperti diabetes yang sangat berbahaya.

4. Tinggi kalori

Bahaya minum bubble tea adalah mengandung kalori yang tinggi. Kalori yang tinggi ini dipengaruhi oleh topping bulat yang ada pada bubble tea. Topping tersebut merupakan sumber karbohidrat yang sangat tinggi. Dalam segelas bubble tea terdapat banyak sekali kandungan kalori, yaitu rata-rata 300-400 kalori, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kegemukan hingga perut terasa mudah sekali lapar.

5. Menyebabkan kanker

Peneliti menyebutkan topping dan bahan bubble tea mengandung zat penyebab kanker yang juga berefek buruk bagi kesehatan seperti penurunan sistem kekebalan tubuh, reproduksi, dan saraf. Hal ini nantinya bahkan bisa berujung pada berbagai penyakit kanker yang tentunya sangat berbahaya bagi kelangsungna hidup Anda. (yas)



Bagikan artikel ini