3 Langkah Mudah Pelihara Penglihatan Mata

10 Oct 2018
Foto: Google

Sibuk dengan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari, tak jarang membuat kita lupa atau sengaja mengesampingkan masalah kesehatan. Untuk memelihara kesehatan tubuh, kini sudah banyak jenis olah raga yang dapat dilakukan secara mandiri di rumat. Atau di sela-sela kesibukan Anda.

Tak ketinggalan, memelihara mata juga bisa dilakukan secara mandiri dan mudah loh. Tak hanya untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik. Menjaga penglihatan juga menjadi salah satu wujud rasa syukur. Dilansir dari official instagram Direktorat pencegahan dan Pengendalian penyakit Tidak Menular, Kementrian Kesehatan RI. Inilah 3 cara mudah memelihara penglihatan mata:

1.       Sering Berkedip

Berkedip dapat membantu menyegarkan mata. Karena ketika seseorang berkedip, lapisan film air mata sedang disebarkan secara merata. Kegiatan ini berfungsi meredakan ketegangan mata akibat mata kering. Untuk Anda yang banyak melakukan aktivitas di depan layar computer atau ponsel, berkedip menjadi seseuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Untuk tidak membuat mata Aada tegang, selalu ingatlah untuk berkedip. Lebih baik lagi, apabila Anda menyempatkan waktu istirahat untuk mata Anda  setiap 20 menit.

2.       Lakukan Trik 20-6-20

Jika pekerjaan Anda  mengharuskan untuk menatap monitor berjam-jam . Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit. Kemudian fokuskan mata ke titik yang jauhnya 6 meter selama 60 detik. Selain itu, saat Anda menatap layar komputer, televise, pun gawai , usahakan untuk mengurangi cahaya terang. Turunkan setelan terangnya layar serendah mungkin. Mestinya, Anda masih bisa menatap apa yang ada di layar, tanpa perlu menatap cahaya yang terlalu terang.

 

Jika di tingkat cahaya rendah, Anda kesulitan membaca atau melihat apa yang ada di layar. Jangan menaikkan tingkat cahayanya. Anda hanya perlu  memperbesar ukuran teks. Gunakan fungsi zoom di perangkat yang Anda gunakan. Apabila Anda kesusakan membaca teks di buku, jangan memaksakan dengan memperdekat jarak baca Anda. Sebaiknya belilah kaca pembesar, untuk membantu Anda membaca.

3.       Latihan Fokus menggunakan Pulpen

Lakukan  latihan fokus dengan memegang pulpen sejauh rentang lengan. Fokuskan mata pada ujung pulpen, seraya mendekatkan pulpen perlahan ke hidung. Lakukan sebanyak 10 repetisi dan gabungkan juga dengan memfokuskan mata pada benda di dekat Anda ataupun yang berjauhan.  Dengan demikian ketegangan mata akan mereda.

 

Cobalah memfokuskan  obyek pada jarak  yang berbeda untuk meredakan ketegangan mata.  Jangan lupa, istirahatlah sebentar untuk memfokuskan mata. Yang tak kalah penting, ingatkan diri  untuk berkedip, supaya mata tetap terhidrasi.



Bagikan artikel ini