3 Cara untuk Menetralisir Makanan Berlemak dalam Tubuh Usai Lebaran

13 Jun 2019
Ilustrasi. (Foto: Google)

Penumpukan lemak dalam tubuh dapat memicu berbagai macam penyakit seperti kolesterol. Lantas apa yang dapat dilakukan untuk menintralisir timbunan lemak tersebut? Menurut Eko Dwi Martini, seorang ahli gizi dari Graha Amerta Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menetralisir lemak dalam tubuh. Berikut ulasanya:

1. Olahraga

Untuk mengurangi lemak dalam tubuh yang menumpuk akibat pola makan yang tak menentu di hari Lebaran, caranya aktif berolahraga. "Mungkin saat puasa agak lemas ya berolahraga. Nah, setelah lebaran ini harus kembali dihidupkan lagi semangat olahraganya," ujar Eko Dwi Martini.

Dia menganjurkan, aktivitas olahraga bisa dilakukan seperti hobi sebelumnya, misalnya lari, bersepeda atau berjalan santai sekitar 15 sampai 30 menit.

2. Minum air putih

Banyak konsumsi air putih. Kenapa harus air putih? Menurut Eko Dwi Martini,  minuman sirup dan soda mengandung banyak gula, apabila diminum bersamaan dengan makanan yang berlemak akan terjadi penumpukan gula dan lemak secara berlebihan. "Untuk itu yang paling bisa menetralisir ialah air putih. Setelah makan makanan berlemak minum air putih yang cukup," tambahnya.

3. Makan buah 

Eko Dwi Martini menyebutkan, konsumsi buah juga dapat menetralisir lemak dalam tubuh. "Baik buah potong maupun jus buah. Buah-buah yang banyak mengandung air seperti semangka, jeruk atau melon baik dimakan setelah mengkonsumsi makanan berlemak," jelasnya. 

Dia menambahkan, bila ingin meminum jus setelah memakan makanan berlemak sebaiknya tidak menambahkan susu dan gula. "Kalau ditambah susu dan gula sama saja nanti juga akan membuat kadar gula tinggi, cukup buah saja karena, buah memiliki fluktosa sumber gula alami buah jadi tidak perlu ditambah pemanis lagi," pungkasnya. (pita)

 



Bagikan artikel ini