10 Tips Agar Pria Terhindar dari Disfungsi Ereksi

06 Dec 2018
Dokter spesialis andrologi dr. Susanto Suryaatmadja saat memberikan edukasi tentang mitos dan fakta disfungsi ereksi, Rabu 5 Desember 2018. Foto: Pitasari/ sapadokter.

Hasil studi Global Study of sexsual Attitude and Behaviors (GSSAB)  yang melibatkan 27.500 responden pria dan wanita dari 29 negara, menunjukan bahwa kebanyakan pria dan wanita dengan disfungsi seksual tidak berkonsultasi dengan dokter.

"Perilaku seksual dapat dipengaruhi oleh beberapa hal di antaranya seperti faktor budaya. Pria Asia dikenal konservatif terhadap seks dan kurang aktif secara seks dibanding pria barat," ujar dr. Susanto Suryaatmadja MS, Sp.And, dalam acara edukasi media mengenai 'Mitos dan Fakta disfungsi ereksi', Rabu 5 Desember 2018.

Susanto juga mengatakan bahwa pola hidup serta makan pria di indonesia, khusunya Surabaya yang suka dengan makanan berkolestrol seperti makanan Padang, soto, dan lain-lain juga memperbesar terjadinya disfungsi ereksi pada pria.

"Kebiasaan orang-orang kalau pagi makan soto, siang nasi Padang, itu salah. Karena makanan berkolestrol bisa menyebabkan aliran ke penis terganggu," tambahnya.

Untuk  itu, Susanto membagikan tips gaya hidup sehat untuk para pria agar terhindar dari disfungsi ereksi.

1. Melakukan olahraga setiap hari dengan membakar 300 kalori atau bisa setara 1 jam berjalan kaki.

2. Berhentilah makan sebelum kenyang.

3. Isahakan tidur 8 jam perhari.

4. Menjaga hati tetap gembira dan pikiran tetap positif adalah obat dari segala obat.

5. Tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

6. Biasakan mendengar musik kesukaan Anda, karena musik dapat meningkatkan hormon endoktrin yang akan membuat tubuh seimbang.

7. Biasakan melakukan cek darah setiap 3-4 bulan, seperti pemeriksaan gula darah, asam urat, tes elektrolit, dan tes koagulasi.

8. Jangan minum obat sembarangan, konsultasi dengan dokter mengenai obat yang ingin Anda konsumsi.

9. Minimal 1 kali dalam seminggu melakukan hubungan seks dengan pasangan.

10. Narsislah dengan diri sendiri, maksudnya pedulikan kesehatan diri melebihi apapun. (pts)



Bagikan artikel ini